Apa Itu Overthinking? Simak Penjelasan, Penyebab, dan Solusinya

Overthinking Sangat Mempengaruhi Kesehatan Mental
Sumber :
  • Isnaen Adi Kurniadi

Jakarta, WISATAOverthinking sangat mempengaruhi kesehatan mental kita. Overthinking adalah istilah yang sering ditujukan kepada orang-orang yang terlalu berlebihan dalam berpikir. Tetapi, jangan  menyamakannya dengan seorang pemikir, karena orang yang bersikap overthinking  sering kali memikirkan hal-hal sepele secara berlebihan. Hal ini tentu sangat mempengaruhi kesehatan mental kita.

Prakiraan Cuaca Kota Banyuwangi Jawa Timur, Tanggal 3 Juli 2024

Salah satu contoh keadaan yang seringkali terjadi, dilansir dari chanel youtube satu persen, misalnya saat bangun pagi , ternyata kamu kesiangan, dan kamu harus buru-buru untuk pergi ke tempat kerja karena ada meeting pagi ini. Di saat bersamaan, kamu menyesal karena tidur terlalu larut yang membuat kamu kesiangan dan kamu khawatir kamu akan dimarahi oleh atasanmu.

Saat bekerja, pikiranmu melayang ingin makan ini dan itu. Namun, saat kamu  sedang makan, pikiranmu hanya tertuju pada pekerjaan kantormu. Sadarkah? Bahwa sejatinya manusia tidak benar-benar hidup pada saat ini dan detik ini. Kebanyakan manusia  hidup dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran akan masa depan .

Penting! Lakukan Hal Berikut Ini, Bila Ada Indikasi Serangan Ransomware pada Data Anda

Padahal, momen yang paling penting dalam hidup adalah saat ini, masa lalu hanyalah kumpulan momen saat ini yang telah berlalu, dan masa depan merupakan kumpulan momen saat ini yang menunggu untuk hadir dalam hidup.

Betapa keresahan kita akan sia-sia belaka karena masa lalu tidak akan dapat digariskan ulang, maka yang bisa kita lakukan adalah mengoptimalkan power masa kini utuk mengubah masa depan menjadi lebih baik. Lakukanlah yang terbaik, nikmati prosesnya, fokuslah mengerjakan hal sebaik mungkin yang  bisa dilakukan di masa sekarang, tanpa terlalu banyak mengkhawatirkan  kemungkinan terburuk di masa depan.

Mengapa Beberapa Negara Besar Terkesan Melindungi Para Hacker? Ini Alasannya

Dikutip dari buku How to Be Bbrilliant Thinker bahwa pikiran kita seringkali menciptakan analisis dan pemahaman, namun keduanya  kerap berujung pada ketakutan dan kecemasan.

Solusinya adalah kita harus memahami arti dari hidup untuk saat ini. Sejatinya setiap orang sudah dipenuhi bahagia dalam dirinya, yang ia perlukan hanya kesadaran akan saat ini. Orang yang selalu hidup dengan pikirannya akan kehilangan kesadarannya. Ia akan hidup dalam kecemasan, ketakutan, dan penderitaan.

Halaman Selanjutnya
img_title