Fenomena Migrasi Burung di Yogyakarta, Tanda Akan Datangnya Musim Hujan?

Migrasi Burung
Sumber :
  • Ralf Vetterle from Pixabay

Yogyakarta, WISATA - Fenomena migrasi burung di Yogyakarta menjadi sorotan warga pada hari ini, Kamis, 2 November 2023. Fenomena ini terlihat di beberapa wilayah, seperti di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Bantul.

YOGYAKARTA: 198 Ekor Kuda Berpacu Kencang Berebut Piala Tiga Mahkota di Stadion Sultan Agung, Bantul

Burung-burung yang bermigrasi di antaranya adalah burung gereja, burung gereja kebon, dan burung pipit. Burung-burung tersebut terlihat terbang berkelompok di langit Yogyakarta.

Fenomena migrasi burung ini dinilai sebagai pertanda akan datangnya musim hujan. Hal ini karena burung-burung tersebut biasanya bermigrasi ke daerah yang lebih hangat saat musim dingin.

YOGKAYARTA: Kirab Tebu Temanten, Upacara Unik Awali Musim Giling di Bantul

Menurut para ahli , di negara-negara dengan empat musim, migrasi burung biasanya terjadi pada musim gugur, Saat musim gugur, suhu di daerah asal burung-burung tersebut akan mulai dingin, sehingga mereka bermigrasi ke daerah yang lebih hangat. Sedangkan di Indonesia migrasi biasanya terja saat pergantian dari musim hujan ke musim kemarau dan sebaliknya.

Migrasi burung ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti ketersediaan makanan. Burung-burung tersebut biasanya akan bermigrasi ke daerah yang memiliki sumber makanan yang berlimpah.

9 Cara Menghindar Dari Sambaran Petir, Saat Hujan Melanda di Musim Hujan

Di Yogyakarta, sumber makanan untuk burung-burung tersebut cukup berlimpah. Selain itu, iklim di Yogyakarta juga cukup nyaman untuk burung-burung tersebut.

Fenomena migrasi burung ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Yogyakarta. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk menyaksikan fenomena ini.

Halaman Selanjutnya
img_title