SYAHRUL YASIN LIMPO: Temuan 12 Senjata Api di Rumah Dinas Mentan, Ini Kata Polisi

Menteri Pertanian, Syharul Yasin Limpo
Sumber :
  • tvonenews.com

Jakarta, WISATA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan belasan senjata api (senpi) di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, dalam penggeledahan yang dilakukan pada hari Jumat (29/9/2023).

Polda Metro Jaya pun angkat bicara, perihal temuan belasan senjata api di rumah dinas SYL tersebut.

Pihak kepolisian membenarkan, sudah menerima belasan senjata api itu dari KPK.

"Benar, kami telah menerima titipan 12 pucuk senpi ya yang ditemukan oleh KPK," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Jumat (29/9/2023)

Perihal temuan ini, Polda Metro Jaya lantas masih melakukan pendalaman.

Nantinya Direktorat Intelkam akan bekerja sama dengan Baintelkam Polri dalam menangani kasus senjata api ini.

"Sejauh ini masih didalami melalui Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya dan akan berkoordinasi dengan Baintelkam Polri," kata Kombes Trunoyudo.

Polisi saat ini tengah mendalami, apakah belasan senpi ini legal atau ilegal, sehingga polisi belum mau berkata banyak.

"Kan masih pendalaman, kan harus dicek, nanti dulu, kita kan baru terima, itu dulu. Dari Dirintel bilang katanya seperti itu. Benar sudah diterima, itu namanya sifatnya titipan, kemudian untuk hal itu kita perlu pendalaman dan Polda Metro Jaya, Direktorat Intelkam akan berkoordinasi dengan Baintelkam Mabes Polri," ujarnya.

Sebelumnya, rumdin Mentan SYL digeledah KPK sejak Kamis lalu hingga hari Jumat.

Penyidik KPK berhasil menemukan sejumlah senpi di rumdin Mentan SYL.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan telah mengamankan sejumlah senpi yang ditemukan ketika melakukan penggeledahan.

"Kami jelaskan, bahwa kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian daerah (Polda) DKI Jakarta, tentunya terkait dengan temuan yang ada dalam proses penggeledahan yang dimaksud," ujar Ali Fikri kepada wartawan hari ini.

Ali menuturkan senpi tersebut, saat ini tengah dianalisis lebih dulu untuk memastikan keterlibatannya dengan kasus dugaan korupsi di Kementan RI.

"Kami ingin menjelaskan, begini saja, karena dalam proses penggeledahan, tentu ada yang kami ambil kemudian kami analisis, adalah yang berkaitan dengan perkara ini," kata Ali.

"Karena sekali lagi, apa yang berikutnya kami lakukan analisis adalah yang berkaitan langsung dengan perkara yang sedang kami tangani," kata Ali menambahkan.

Senpi yang diamankan di rumah dinas Mentan SYL, diduga berjumlah 12 unit.

(Sumber: tvonenews.com)

Duh, Syahrul Yasin Limpo Disebut Memeras Ditjen Perkebunan Rp317 Juta untuk Biaya Pribadi