Inilah Profil Andi Amran Sulaiman yang Kembali Dilantik Presiden Menjadi Menteri Pertanian

Andi Amran Sulaiman
Sumber :
  • IG/a.amran_sulaiman

Jakarta, WISATA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian pada hari Rabu, 25 Oktober 2023, di Istana Negara. Andi Amran Sulaiman menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang tersandung kasus dugaan korupsi terkait proyek pengadaan benih padi.

Ketersediaan Hewan Kurban Tahun Ini Aman, bahkan Surplus!

Andi Amran Sulaiman bukanlah sosok yang asing di Kementerian Pertanian. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian pada periode 2014-2019, sebelum digantikan oleh Syahrul Yasin Limpo pada periode 2019-2023. Selama menjabat sebagai Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman berhasil meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani, serta mengurangi impor beras dan bawang putih.

Berikut ini adalah beberapa informasi tentang profil Andi Amran Sulaiman dilansir dari berbagai sumber :

  • Andi Amran Sulaiman lahir di Bone, Sulawesi Selatan, pada 27 April 1968. Dia adalah anak keempat dari 12 bersaudara. Ayahnya adalah seorang bintara tentara dengan pangkat sersan. Dari pihak ayah, Andi Imran masih keturunan Raja Bone ke-23, La Tenri Tappu.  
  • Andi Amran Sulaiman menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) dan meraih gelar sarjana, magister, dan doktor di bidang ilmu pertanian.
  • Andi Amran Sulaiman memulai karier sebagai pengusaha muda yang sukses. Dia membangun dan membesarkan 14 perusahaan yang tergabung dalam holding Tiran Group. Unit usahanya antara lain adalah tambang emas, tambang nikel, pabrik gula, distributor semen, produsen pestisida, perkebunan kelapa sawit dan SPBU.
SYAHRUL YASIN LIMPO: Tiba di Jakarta, Syahrul Langsung Ketemu Surya Paloh di NasDem Tower?

Andi Amran Sulaiman

Photo :
  • IG/a.amran_sulaiman
Halaman Selanjutnya
img_title