Audiensi PHRI dan GIPI dengan Pimpinan KPK: Dorong Pembangunan Integritas dalam Sektor Pariwisata

Dialog Assosiasi Bisnis, BUMN dan KPK
Sumber :
  • Handoko/istimewa

Jakarta, WISATA - Audiensi dan dialog yang melibatkan Pengurus PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia) dan GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berlangsung pada Rabu, 8 November 2023, di Ruang Rapat lt. 16 Gedung Merah Putih KPK.

Socrates: "Keadilan adalah Kebajikan dari Jiwa."

Dialog ini menjadi platform bagi Pimpinan KPK bersama Asosiasi Bisnis dan BUMN Sektor Pariwisata untuk mendorong pembangunan integritas dalam dunia usaha. Johanis Tanak dan Alexander Marwata, Komisioner KPK, turut serta sebagai panelis bersama Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum GIPI & PHRI, Aminudin, Direktur Anti Korupsi KPK, serta Herdy Harman, Direktur SDM dan Digital In Journey.

Menurut Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum GIPI & PHRI, kesadaran kolektif akan pakta integritas di lingkungan kementerian/lembaga diharapkan dapat menghindari praktik korupsi. Namun, kendala terkait pengurusan izin, termasuk OSS, masih menjadi tantangan yang memungkinkan adanya praktik yang tidak jujur.

Ternyata Bukan Karena Harta, Inilah Makna Kebahagiaan Sesungguhnya Menurut Socrates

Sementara itu, Alexander Marwata, Komisioner KPK, menekankan pentingnya sinergi antara pengusaha dan KPK dalam pencegahan korupsi. Marwata juga menggarisbawahi inisiatif KPK untuk mencegah peran pemberi suap, tidak hanya fokus pada penerima.

Pada kesempatan yang sama, Herdy Harman, Direktur SDM dan Digital In Journey, menyoroti perlunya budaya integritas yang dibangun dari tingkat usia dini, serta implementasi nilai-nilai tersebut dalam tata kelola perusahaan.

Marcus Aurelius: Kehidupan Tidak Berharga Kecuali Kita Menjalani dengan Kebijaksanaan dan Kebajikan