Menkominfo Pastikan Keamanan Pusat Data Nasional: Optimalkan Infrastruktur Digital Nasional

Menkominfo Periksa Security Operation Center PDNS 1
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi melakukan inspeksi ke Security Operation Center Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 1 di Jakarta Selatan pada Jumat, 19 Juli 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan tidak terjadi masalah seperti yang dialami PDNS 2 Telkom.

Rahasia di Balik Kekuatan Siber China: Strategi Pertahanan Terhadap Ancaman Dunia Maya

"Tujuan kedatangan saya adalah memastikan tidak ada masalah seperti yang terjadi di PDNS 2 Telkom," ujar Menkominfo Budi Arie Setiadi. Security Operation Center PDNS 1 yang dikunjungi Menkominfo kali ini dikelola oleh Lintasarta.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menkominfo didampingi oleh Wakil Menkominfo Nezar Patria, pimpinan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Hokky Situngkir. Mereka disambut oleh sejumlah petinggi Lintasarta, termasuk President Director & CEO Lintasarta Bayu Hanantasena.

Mengungkap Pertahanan Siber China: Bagaimana China Melindungi Negaranya dari Serangan Cyber

Inspeksi dan Supervisi Berkelanjutan

Pada 16 Juli 2024, Menkominfo telah mengunjungi PDNS 2 di Surabaya, Jawa Timur, yang dikelola Telkom. Kunjungan ini untuk memastikan percepatan penanganan serangan brain cipher ransomware berlangsung optimal. Selanjutnya, pada 17 Juli 2024, Menkominfo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Data Center Temporer PDNS 2 di Tangerang Selatan.

Mengapa Hacker Mengincar Data Pribadi Anda? Lindungi Diri di Era Digital!

"Saya kemarin ke PDNS 2 Surabaya kemudian Tangerang Selatan untuk memastikan migrasi data pasca serangan berjalan dengan baik, aman, dan cepat," jelas Menkominfo.

Pengawasan Infrastruktur Layanan Digital Nasional

Halaman Selanjutnya
img_title