INFO HAJI 2024: Ini 2 Debarkasi Baru untuk Pemulangan Jemaah Haji Banten dan Semarang

Jemaah Haji Kloter SUB-46 Tinggalkan Makkah Menuju Jedah
Sumber :
  • kemenag.go.id

Jedah, WISATA – Dua tahun ini, Kementerian Agama RI mulai mengaktifkan asrama haji debarkasi baru bagi kepulangan jemaah haji Indonesia.

Keduanya adalah Asrama Haji Debarkasi Manyaran di Semarang, Jawa Tengah dan Asrama Haji Debarkasi di Cipondoh, Tangerang, Banten.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Saiful Mujab mengatakan, baik Manyaran maupun Cipondoh, baru difungsikan pada saat penerimaan kedatangan jemaah dari tanah suci.

Pada saat keberangkatan, dua tempat layanan ini belum difungsikan.

“Kita awalnya mengaktifkan 14 asrama haji embarkasi pada saat pemberangkatan jemaah haji. Untuk pemulangan, penerimaan jemaah akan dilangsungkan pada 16 asrama haji debarkasi. Sebab, debarkasi Manyaran dan Cipondoh sudah bisa difungsikan,” sebut Saiful Mujab saat rapat dengan Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy di Kantor Urusan Haji, Jedah, Kamis (5/7/2024).

Menurut Saiful, Asrama Haji Debarkasi Cipondoh melayani penyambutan kedatangan jemaah haji asal Banten.

“Total ada 25 kelompok terbang atau kloter. Mereka saat berangkat dari Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede, pulangnya langsung ke Asrama Haji Debarkasi Cipondoh,” sebutnya.

Sementara untuk asrama haji debarkasi Manyaran, akan melayani seluruh jemaah asal Kota dan Kabupaten Semarang.

“Total ada lima kloter. Mereka saat berangkat dari Asraam Haji Embarkasi Donohudan, pulangnya langsung ke Asrama Haji Debarkasi Manyaran,” lanjutnya.

INFO HAJI 2024: Pemulangan Jemaah Haji Gelombang I Berakhir, Ditutup oleh Kloter SOC-42 Solo

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab

Photo :
  • kemenag.go.id
Sejauh ini, proses pemulangan jemaah haji gelombang I dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jedah sudah berakhir.

Total ada 229 kloter yang pulang, sebanyak 46 di antaranya terbang melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah.

Tahap ini berlangsung dari tanggal 22 Juni hingga 3 Juli 2024.
Halaman Selanjutnya
img_title