Dampak Peretasan PDN, Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan Mengundurkan Diri

Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan
Sumber :
  • Komimfo.go.id

Jakarta, WISATA - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Pejabat Tinggi Madya Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Mungkinkah Data yang Sudah Diretas Kembali Normal Seperti Sebelumnya? Berikut Penjelasannya

Pengunduran diri ini dilakukannya sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas terjadinya serangan siber pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 di Surabaya. “Dengan ini saya menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli kemarin saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan, dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo,” ujar Semuel saat memberikan pernyataan pers di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (04/07/2024).

Pertanggungjawaban Moral atas Serangan Siber

Belajar dari Kasus PDN, Pentingnya Pendidikan dan Investasi Cybersecurity

Semuel Abrijani Pangerapan menegaskan bahwa keputusannya untuk mengundurkan diri adalah bentuk tanggung jawab moral sebagai Dirjen pengampu dalam proses teknis yang terkait dengan serangan siber tersebut. Serangan siber pada PDNS 2 Surabaya ini menjadi sorotan dan menimbulkan kekhawatiran mengenai keamanan data nasional.

Penghargaan dan Apresiasi

Mengejutkan, Hacker yang Retas PDN Berjanji untuk Memberikan Kunci Enkripsi Gratis pada Hari Rabu

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Semuel menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja sama dalam pengembangan ekosistem digital di Indonesia. “Merupakan suatu kebanggaan bagi saya diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk memimpin Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika selama hampir 8 tahun, sejak 7 Oktober 2016,” tuturnya.

Permohonan Maaf

Halaman Selanjutnya
img_title