Inilah Pabrik Semen Pertama di Indonesia, sebuah Cagar Budaya yang Mendapat Apresiasi dari UNESCO

Pabrik Semen Indarung
Sumber :
  • IG/novrialrmangkutto

Padang, WISATA – Rekam jejak situs Pabrik Indarung I dari 1910--1972 mendapatkan apresiasi dari Memory of the World Committee for Asia and the Pacific (MOWCAP) oleh UNESCO. Dalam keterangan persnya, Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra mengungkapkan, ditetapkannya arsip Pabrik Indarung I sebagai MOWCAP oleh UNESCO, merupakan buah dari kerja keras yang telah dilakukan selama ini.

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Dokumensi pabrik semen Indarung sebagai warisan budaya menjadi penting. Indarung I merupakan merupakan pabrik semen pertama yang ada di Indonesia. Bahkan pabrik semen pertama di Asia Tenggara. Kontribusinya bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia maupun masyarakat Sumatra Barat merentang sejak era kolonial hingga Orde Baru. Sebagai perintis industri semen nasional.

Kawasan pabrik Semen Indarung berjarak 14 kilometer dari pusat Kota Padang, tepatnya berada di Kecamatan Lubuk Kilangan. Pabrik tersebut masuk kawasan PT Semen Padang. Merujuk pada situs Semen Padang, pabrik tersebut didirikan oleh Belanda pada 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM). Kemudian, perusahaan sepenuhnya menjadi milik Indonesia sesuai amanat Undang Undang No 86 tahun 1958 tentang Nasionalisasi. Dalam UU ini ditegaskan bahwa semua perusahaan milik Belanda diserahkan kepada Indonesia.

JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Pabrik Semen Indarung

Photo :
  • IG/novrialrmangkutto

Pabrik Semen Indarung

Photo :
  • IG/novrialrmangkutto
Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Pabrik legendaris tersebut dibangun oleh perwira Belanda berkebangsaan Jerman Carl Christophus Lau. Ide pendiriannya berawal dari penemuan batu-batu menarik oleh Lau di sekitar kota Padang. Lalu, CC Lau mengajukan pendirian pabrik semen di Indarung.

Halaman Selanjutnya
img_title