Kekayaan 5 Taman Nasional Indonesia: Mulai Gajah Hingga Patung Megalitik

Gajah
Sumber :
  • instagram taman.nasional

Makassar, WISATATaman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang dilindungi oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kekayaan 5 Taman Nasional Indonesia (2): Mulai Burung Merak Hingga Tarsius

Taman Nasional dibagi menjadi zona-zona, salah satunya adalah zona inti yaitu zona yang sangat dilindungi. Tidak boleh ada kegiatan manusia di dalamnya. Kalaupun ada kegiatan penelitian, maka akan diawasi dengan ketat. 

Indonesia memiliki 55 Taman Nasional yang merupakan penjaga terakhir keanekaragaman hayati flora maupun fauna khas Indonesia. Setiap wilayah memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri yang tidak terdapat di wilayah lainnya. Berikut 5 Taman Nasional Indonesia beserta kekhasan yang dilindungi di dalamnya.

6 Aktivitas Wisata Yang Dapat Kamu Lakukan di Taman Nasional Komodo

1. Gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Taman Nasional Way Kambas terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung. Taman Nasional ini terkenal sebagai tempat konservasi gajah Sumatera. Awalnya Taman ini didirikan oleh Belanda, sedangkan pusat pelatihannya diresmikan pada tahun 1985.

Seekor Bayi Gajah Terlahir lagi di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Gajah (Elephas maximus) merupakan hewan yang dilindungi di Taman Nasional Way Kambas. Satu gajah memiliki pawangnya sendiri, yaitu orang/petugas yang bertugas melatih, memberi pakan, dan memandikan gajah. Gajah di Way Kambas dilatih untuk dapat berinteraksi dengan manusia dan membantu tugas-tugas manusia seperti mengangkut barang yang berat.

Gajah yang dilatih di Taman Nasional Way Kambas juga mampu memberikan atraksi antara lain: atraksi menunggang gajah dan sepak bola gajah. Namun, tidak seperti di sirkus yang profit oriented, pelatihan gajah di Taman Nasional Way Kambas tidak dilakukan dengan tujuan mengeksploitasi gajah untuk bekerja.

Halaman Selanjutnya
img_title