10 Taman Nasional dengan Kunjungan Terbanyak Tahun 2023

Taman Nasional Gunung Ciremai
Sumber :
  • instagram explore_ciremai/@fabediy

Makassar, WISATA – Salah satu destinasi wisata alam adalah Taman Nasional. Terdapat 55 Taman Nasional di Indonesia, dengan Taman Nasional yang paling muda adalah Taman Nasional Moyo Satonda, Nusa Tenggara Barat.

9 Destinasi Wisata dan Pertunjukan Seni di Banyuwangi, Jawa Timur Berdasarkan Rating Google

Data dari Sistem Informasi dan Data KSDAE (SIDAK) Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem menunjukkan bahwa selama tahun 2023 total jumlah kunjungan ke Taman Nasional sebanyak 3.203.294 orang yang terdiri dari 2.819.856 orang pengunjung dalam negeri dan 383.438 orang pengunjung luar negeri.

Angka kunjungan tersebut bukan hanya untuk kunjungan wisata namun juga aktivitas lain seperti penelitian, pendidikan, dan lain-lain. Hal ini sesuai dengan definisi Taman Nasional yaitu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Kekayaan 5 Taman Nasional Indonesia (2): Mulai Burung Merak Hingga Tarsius

Dari jumlah total kunjungan ke Taman Nasional, sebenarnya Taman Nasional yang paling banyak mendapatkan kunjungan itu Taman Nasional apa, ya? Tentu pembaca kepo, kan, karena logikanya Taman Nasional dengan kunjungan terbanyak memiliki daya tarik yang lebih dari Taman Nasional lainnya.

Berikut 10 Taman Nasional dengan kunjungan terbanyak:

Kekayaan 5 Taman Nasional Indonesia: Mulai Gajah Hingga Patung Megalitik

1. Taman Nasional Gunung Ciremai

Peringkat pertama yaitu Taman Nasional Gunung Ciremai yang terletak di Provinsi Jawa Barat dengan luas kawasan 14.841,30 hektare. Gunung Ciremai adalah gunung soliter tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter dari permukaan laut membentuk kerucut di sisi sebelah Utara. 

Kawasan Gunung Ciremai meliputi tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kuningan (59,24%), Kabupaten Majalengka (40,64%) dan Kabupaten Cirebon (0,12%).

Taman Nasional Gunung Ciremai dibentuk untuk melindungi fauna langka antara lain Macan Tutul Jawa (Pantherapardus melas), Surili (Presbytis comate) dan Elang Jawa (Nisaetus bartelsi).

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Halaman Selanjutnya
img_title