Mengenal Tari Tradisional “Salai Jin” di Peringatan Hari Nusantara di Kawasan Wisata Tugulufa-Tidore

Tari Salai Jin
Sumber :
  • IG/rsumardiwaluyo

WISATA – Peringatan Hari Nusantara yang diadakan akhir tahun lalu dipusatkan di kawasan wisata Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara (Malut). Pulau itu terletak disebelah barat Pulau Halmahera yang letak pulaunya sangat dekat dengan Ternate.

HARI NUSANTARA 2023, Bandara Sultan Babullah Ternate Siap Layani Pengunjung

Masyarakat Tidore masih memegang teguh adat dan budaya. Salah satunya adalah tari Salai Jin yang sangat popular di Ternate dan Tidore, Maluku Utara. Tarian itu adalah salah satu ritual adat yang memiliki nilai tradisi dan filosofi yang tinggi di masyarakat adat Ternate. Tari Salai Jin dianggap memiliki nilai magis dan digunakan untuk berkomunikasi dengan bangsa jin. Nama 'Salai Jin' berasal dari kata 'Salai' yang berarti menari dan 'Jin' yang berarti makhluk halus. Jadi, Tari Salai Jin berarti sebuah tarian yang sangat erat hubungannya dengan makhluk halus dan dunia gaib.

Tarian Salai Jin ini menggambarkan makna tentang pengobatan secara tradisional, di mana dengan menggunakan cara memanggil roh-roh halus untuk menyembuhkan orang sakit. Selain itu, tarian ini juga menceritakan tentang kebiasaan masyarakat Kota Tidore Kepulauan, utamanya kaum perempuan yang melaksanakan berbagai kegiatan selalu bersama-sama dan bergotong royong.

Proyeksi Ekonomi Global dan Dampaknya Terhadap Indonesia: Analisis Terkini

Salai Jin

Photo :
  • IG/folakatu_art_tidore

Tari Salai Jin

Photo :
  • IG/ternatemaluku
JAY IDZES: Tetiba, Media Italia Soroti Jay di Timnas, Ada Apa?

Pada awalnya, tarian ini hanya boleh dilakukan oleh orang-orang tertentu seperti dukun atau orang pintar. Namun seiring perkembangan zaman, tarian ini mengalami modifikasi sehingga menjadi atraksi pariwisata unggulan di Tidore dan Ternate.

Halaman Selanjutnya
img_title