WISATA KULINER: FJB 2023 Tampil dengan Aneka Kuliner Otentik Nusantara, Jangan Sampai Ketinggalan

Festival jajanan Bango (FJB) 2023
Sumber :
  • IG/kemenparekraf.ri

Jakarta, WISATA – Salah satu acara yang dinanti-nantikan oleh para pecinta kuliner Indonesia adalah Festival Jajanan Bango (FJB) 2023. FJB 2023 kali ini siap digelar dengan tema “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara.” FJB 2023 ini diselenggarakan di dua kota besar, yaitu di Makassar pada tanggal 7 – 8 Oktober 2023 yang lalu, dan di Jakarta yang akan diadakan pada tanggal 27 – 29 Oktober 2023 di Parkir Timur Senayan. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. FJB ini pertama kali digelar pada tahun 2005 di beberapa kota besar di Indonesia. FJB ini mengemban misi untuk melestarikan kuliner Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

YOGYAKARTA: Saat Liburan Sekolah, Taman Pintar Dikunjungi 3 Ribu Orang Setiap Hari

Dikutip dari bango.co.id dan sumber lainnya, Tahun ini, FJB juga merayakan 95 tahun perjalanan Kecap Bango. Pengunjung festival bisa mengeksplorasi kelezatan aneka hidangan otentik yang disajikan oleh para legenda kuliner dari Sabang hingga Merauke. Terutama yang menggunakan kecap manis atau culinary gem asli Indonesia.

Di Makassar, festival FJB 2023 telah menampilkan 45 hidangan otentik dengan 35 jenis hidangan diantaranya adalah berasal dari Makassar dan sekitarnya. Sementara di Jakarta seperti tersebut diatas akan menampilkan lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa makanan dan minuman khas Jakarta yang layak dicicipi mulai dari makanan ringan seperti kerak telor, siomay, pisang molen, hingga berbagai makanan khas Jakarta seperti nasi uduk, nasi kebuli, gado-gado, sate padang, soto Betawi, sate kambing, dan aneka makanan Nusantara lainnya.

INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 2)

 

Sebagai gambaran untuk Anda jika nanti berkunjung ke FJB 2023, Layout dan penataan booth kuliner tersebut dipetakan sebagai berikut:

  • Di Hal A ada Sate Klathak Pak Pong, Kepala Manyung Bu Fat Semarang, Soto Betawi H. Ma’ruf sejak 1940, Nasi Kapau Dapur Andung 1955, dan lain lain.
INFO HAJI 2024: Inilah 7 Destinasi Menarik di Kota Madinah, Arab Saudi (Bagian 1)

Lontong Balap, Mie Jowo dan Sate Klathak

Photo :
  • IG/bangowarisankuliner
Halaman Selanjutnya
img_title