YOGYAKARTA: 7 Tempat Makan Populer yang Jadi Referensi, Nyam-Nyammmm.... (Bagian 2)

Wisata Kuliner di Kota Yogyakarta
Sumber :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – Kota Yogyakarta merupakan satu wilayah dalam provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selain Kabupaten Sleman, Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo.

Tak hanya banyak menyimpan jejak sejarah, kota pelajar ini juga menjadi magnet kunjungan wisata, baik wisata alam, wisata edukasi, juga wisata kuliner.

Kali ini, kami lanjutkan informasi tentang 7 tempat makan yang bisa menjadi referensi saat berkunjung ke kota Gudeg ini.

Tulisan ini kami susun bertahap agar tidak terlalu melelahkan ketika Anda menyimaknya. Selamat berburu kuliner.....


8. Lotek dan Gado-Gado Bu Ning

10 Top Kuliner Yogyakarta yang Sangat Menggugah Selera

Lotek dan Gado-Gado Bu Ning

Photo :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Ketika rasa lapar memenjara diri Anda, tentunya keinginan untuk melepaskan diri sangatlah besar. Bebas dari rasa lapar adalah kebutuhan mendasar setiap manusia dimanapun dia berada, entah berada belantara sudut dunia manapun.

Dengan sedikit bersabar, Anda bisa memerdekakan diri dari rasa lapar di sebuah warung gado-gado dan lotek, yang tidak jauh dari Lapas Wirogunan.

Di warung lotek dan gado-gado Bu Ning, Anda bisa merasakan detik-detik kemerdekaan dari rasa lapar sesuai harapan.

Pengalaman dan jam terbang dari warung ini sudah sangat terasa, ketika melihat antrean dengan wajah sumringah dan optimis menuju kemerdekaan dari rasa lapar.

Sawijiningsih atau yang lebih populer dikenal sebagai Bu Ning, adalah salah satu legenda kuliner lotek dan gado-gado yang tersebar di kota Yogya ini.

Mengawali karir sejak tiga dasawarsa yang lalu, lotek dan gado-gado olahan Bu Ning sudah terpatri di dalam benak penikmat kuliner jenis ini.

Tata cara memperlakukan bahan-bahan olahan untuk membuat lotek dan gado-gado, dilakukannya dengan cita rasa juara. Rebusan kobis, tauge, bayam dan kentang yang dipadu dengan bumbu kacang yang diulek halus, menjadikan sebuah kolaborasi nikmat dan sempurna.

Warung Bu Ning juga menyediakan menu lain yang tidak kalah menarik untuk dicoba sebagai pelepas rasa lapar, yang telah menggelanyut manja di perut.

Selain lotek dan gado-gado yang nikmat, berbagai menu lain juga ada, seperti soto ayam, nasi liwet, nasi goreng jawa, ayam goreng kremes, dan masih banyak lagi.

Alamat: Gg. Pronocitro No.719, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY 55151

No Telp: 0821 3434 5353

9. Ayam Goreng Bu Tini

Prakiraan Cuaca Daerah Istimewa Yogyakarta, Tanggal 3 Juli 2024

Ayam Goreng Bu Titi

Photo :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

"Yogya itu manis dan ngamgenin". Itulah ungkapan yang pas untuk kuliner dari kota budaya ini.

Beragam makanan dengan olahan yang berbeda, tetap menyajikan karakter rasa manis, tidak ketinggalan pula ayam goreng. Soal ayam goreng dengan cita rasa manis, tentunya tidak bisa lupa dengan Ayam Goreng Bu Tini, yang tetap setia menemani penikmatnya dengan karakter manis yang sudah melegenda.

Kebersamaan dan keakraban menjadi suasana utama di tempat ini, penataan meja kursinya pun identik dengan meja makan keluarga.

Tidak mengherankan, apabila penikmat ayam goreng Bu Tini ini didominasi oleh pelanggan yang membawa rombongan atau keluarganya masing-masing.

Ayam goreng Bu Tini memang bercitarasa manis dan gurih. Pelayanan cepat dengan keramahan yang hangat, merupakan satu poin plus dari Restoran Ayam Bu Tini, selain cita rasa masakan serta baceman ayam goreng ini.

Tanpa menunggu berlama-lama, pesanan pun datang. Rasa manis dengan cita rasa gurih, terasa tanpa harus mencicipinya.

Satu porsi nasi, lalapan dan sambal manis, menemani kenikmatan paha ayam ala Bu Tini, yang terasa nikmat ketika dipandang dan terasa enak ketika disantap.

Alamat: Jalan Sultan Agung No.17, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DIY 55112

No Telp : (0274) 543670

10. Ayam Goreng Bacem Mbok Sabar

Prakiraan Cuaca Serang Banten, Tanggal 3 Juli 2024

Ayam Goreng Mbok Sabar

Photo :
  • pariwisata.jogjakota.go.id

Memang warnanya cokelat cenderung gelap, dan lengket ketika disentuh dengan tangan, namun lain cerita, ketika sudah menyentuh ujung lidah.

Hmmmm...., cerita akan berubah menjadi indah dan menyenangkan. Itulah sekelumit cerita tentang kuliner baceman Ayam Goreng Bacem Mbok Sabar.

Baceman adalah istilah kuliner dari bahasa Jawa, merupakan hasil proses olahan yang memakai gula merah sebagai unsur utamanya. Gula merah ditemani antara lain oleh bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas (laos), daun salam, dan asam Jawa.

Bersama bumbu-bumbu ini, ayam direbus dalam air kelapa. Setelah itu, baru digoreng. Jangan heran jika sajiannya, berwarna kehitaman.

Cikal bakal berdirinya Warung Ayam Goreng Mbok Sabar, tidak terlepas dari perjuangan Mbok Sabar yang memulainya dengan cara menjajakan ayamnya dengan berjalan kaki dan mangkal di Pasar Beringharjo.

Pada pertengahan tahun 1975, ia membuka dagangan di rumah, di daerah Jagalan, Pakualaman, Yogyakarta.

Pada masa tersebut, Mbok Sabar dan Mbok Berek dikenal sebagai penjual ayam goreng dengan ciri khas masing-masing.

Ayam Goreng Baceman (basahan) dipopulerkan oleh Mbok Sabar, sedangkan  untuk jenis ayam goreng kering dipopulerkan oleh Mbok Berek, di daerah Kalasan.

Di era 80an, usaha yang dirintis mbok Sabar mengalami masa kejayaan.

Menurut salah satu anaknya, pada masa-masa itu, setiap harinya bisa menghabiskan rata-rata 500 ekor potong ayam.

Setelah ia wafat pada tahun 1983, usaha rumah makan ini dilanjutkan oleh sang anak, Sutikno.

Salah seorang karyawan menceritakan, kini, dalam satu hari 200 ekor ayam diolah di tempat ini. Satu panci bisa memuat kurang lebih 30 ekor ayam.

Dalam satu panci tersebut, ayam direbus selama satu jam agar sari bumbu ramuan baceman benar-benar masuk ke dalam daging ayam.

Setelah proses perebusan dan pembaceman selesai, ayam-ayam tersebut kemudian dipindah ke dalam panci-panci, hingga siap untuk digoreng.

Warung Ayam Goreng Bacem Mbok Sabar, sedikitnya menawarkan enam bagian tubuh ayam, mulai dari menthok (dada), gendhing (paha atas), pupu (paha bawah), kepala, ampela ati, dan ayam utuh.

Alamat: Jalan Jagalan-Beji No. 23, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, DIY 55122

No Telp: (0274) 588467

11. Bakmi Pak Rebo Kintelan

Halaman Selanjutnya
img_title