YOGYAKARTA: Mengapa Berjalan Kaki Itu Penting untuk Kesehatan, Ini Faktanya

Jalan Kaki Bermanfaat untuk Jaga Kesehatan Tubuh
Sumber :
  • bkpsdm.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – Pada Jumat (13/10/2023) pagi yang cerah, ASN BKPSDM Kota Yogyakarta menggelar kegiatan jalan kaki bersama menyusuri salah satu spot Wisata Kota Yogyakarta yaitu Taman Gajah Wong.

Kegiatan ini memang sangat sederhana. Namun Anda perlu tahu, ternyata berjalan kaki itu sangat penting untuk kesehatan.

Simak fakta menarik tentang berjalan kaki:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Berjalan kaki selama 30 menit sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda secara dramatis. Saat Anda berjalan, jantung Anda memompa darah dengan cara yang rileks, mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Ini membuat jaringan Anda tetap muda dan sehat, membersihkan lebih banyak limbah metabolik.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Berjalan kaki juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda melalui pembuluh getah bening. Sistem ini membawa sel-sel kekebalan tubuh Anda dan menghilangkan banyak sampah seluler dari jaringan, membantu menjaga tubuh tetap sehat dan terlindungi dari penyakit.

3. Meningkatkan Metabolisme
Berjalan kaki selama 30 menit dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda selama 12 jam setelahnya. Ini bermanfaat terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan. Kombinasikan dengan pola makan sehat, berjalan kaki dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan efektif.

4. Memperkuat Tulang dan Meningkatkan Konsentrasi
Berjalan kaki membantu memperkuat tulang Anda, terutama saat kita menua dan kadar estrogen menurun. Selain itu, berjalan kaki juga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Studi dari University of Michigan menunjukkan bahwa berjalan kaki, terutama di alam, dapat meningkatkan perhatian dan ingatan sebesar 20%.


Filosofi di Balik Berjalan Kaki:

Berjalan adalah inti dari manusia sebagai makhluk bipedal. Saat kita dilahirkan, tantangan pertama yang harus dihadapi adalah belajar berjalan.

Manusia berjalan agar bisa menjelajahi lingkungan, mencari makanan, dan menjalani kehidupan.

Saat kita berjalan di alam terbuka, sinar matahari memberikan vitamin D, udara segar menenangkan sistem saraf, dan berbagai warna alam memberikan efek terapeutik pada kesehatan kita.


Menyertakan Berjalan Kaki dalam Kehidupan Sehari-hari:

Lakukan berjalan kaki, segera setelah bangun tidur untuk menggerakkan tubuh yang kaku dari tidur. Selain itu, berjalan kaki setelah makan besar adalah waktu yang sangat baik karena membantu menurunkan lonjakan gula darah setelah makan.

Jika tidak memungkinkan, akumulasikan langkah-langkah sebanyak mungkin sepanjang hari.

Jeda dari duduk di meja kerja dengan berjalan kaki kapan pun Anda bisa, sangat baik untuk kesehatan Anda.

Berjalan kaki bukan hanya olahraga, melainkan gerakan dasar harian yang diperlukan oleh tubuh kita.

Dengan melibatkan berjalan kaki dalam rutinitas harian, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekebalan tubuh, metabolisme, kekuatan tulang, dan konsentrasi Anda.

Jadi, mulailah berjalan kaki sekarang, terutama jika Anda banyak duduk.

Ini adalah bentuk olahraga yang dapat Anda lakukan hingga usia 80-an dan 90-an.

Jadi, jangan ragu untuk berjalan kaki lebih banyak, karena berjalan kaki adalah obat sejati untuk tubuh Anda.

(Sumber: bkpsdm.jogjakota.go.id)

KESEHATAN: Menjaga Kesehatan Jantung Anda, Tips Sehari-hari untuk Hidup yang Sehat