Taman Totem Dunia: Tempat Berkumpulnya Totem-Totem Indonesia yang Memiliki Nilai Sejarah dan Budaya

Totem Dayak
Sumber :
  • IG/winrell18

WISATA – Taman Totem Dunia adalah sebuah proyek pembangunan yang bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia melalui pameran totem dari berbagai daerah di Indonesia. Taman Totem Dunia berlokasi di Kawasan Waterfront City Pangururan, Kecamatan Pangururan, Samosir, Sumatera Utara. Taman ini merupakan bagian dari program Penataan Kawasan Waterfront City Pangururan yang dilaksanakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (kementerian PUPR).

Brigjen Lucky Avianto Pimpin Penaklukan Homeyo dari OPM, Terima Kasih Jenderal Kami Semua Bangga

Salah satu totem yang ditampilkan di taman ini adalah totem Kamoro dari tanah Papua. Totem Kamoro adalah karya seni ukir kayu yang menggambarkan figur leluhur atau makhluk mitologi dari Suku Kamoro, salah satu masyarakat adat Papua yang tinggal di sekitar perusahaan PT Freeport Indonesia (PTFI). Totem Kamoro memiliki nilai sejarah, budaya, dan religius yang tinggi bagi masyarakat Kamoro. PTFI telah menyerahkan dua totem Kamoro sebagai wujud partisipasi dan dukungan dibangunnya Taman Totem Dunia. Dua totem tersebut adalah Wemawe dan Wamare yang masing-masing memiliki tinggi sekitar 8 meter dan diameter 1 meter persegi. Dua perwakilan pengukir dari Suku Kamoro juga turut hadir untuk memasang totem dan memastikan penempatan yang sesuai dengan adat Kamoro.

Ilustrasi totem

Photo :
  • IG/artmalangan
Makna Totem Rusa dan Hewan Roh dalam Shamanisme

Taman Totem Dunia diharapkan dapat menjadi sarana pelestarian seni dan budaya Indonesia, serta mempererat persahabatan antara berbagai suku bangsa di Indonesia. Taman ini juga dapat menjadi daya tarik wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan kekayaan budaya Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa jenis totem yang ada di Indonesia lainnya, dirangkum dari haloedukasi.com dan berbagai sumber lainnya,

Suku Papua Merawat Mumi Berusia 250 Tahun untuk Melestarikan Ritual Kuno

- Totem Dayak: Totem Dayak adalah patung-patung kayu yang dibuat oleh masyarakat Dayak di Kalimantan sebagai simbol kepercayaan mereka terhadap roh-roh leluhur dan alam. Totem Dayak biasanya berbentuk manusia, binatang, atau gabungan keduanya. Totem Dayak digunakan sebagai hiasan rumah adat, tempat menyimpan jenazah atau penanda batas wilayah.  

Halaman Selanjutnya
img_title