UNESCO Akui 10 Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTB), Salah Satunya Baru ditambahkan Tahun Ini

Wayang kulit
Sumber :
  • pixabay

WISATA BUDAYA – Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan budaya tak benda (WBTB) yang mencerminkan keanekaragaman dan kekayaan budaya bangsa. WBTB adalah segala bentuk peninggalan kebudayaan yang tidak berwujud, seperti tradisi, upacara, seni pertunjukan, pengetahuan, dan keterampilan.

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Dilansir dari kwriu.kemdikbud.go.id, UNESCO telah mengakui beberapa WBTB Indonesia sebagai  bagian dari warisan kemanusiaan. Berikut adalah beberapa WBTB Indonesia yang diakui UNESCO:

1. Kesenian wayang – Wayang adalah seni pertunjukan yang menggunakan boneka kulit atau kayu untuk menceritakan kisah-kisah mitos, sejarah, atau kritik sosial. Kesenian wayang diakui UNESCO pada tahun 2008 .

Pemakaman Peti Mati Gantung Masyarakat Igorot yang Menarik di Sagada, Filipina

2. Keris - Keris adalah senjata tradisional yang juga memiliki nilai spiritual dan estetika. Keris terbuat dari logam dengan bentuk asimetris dan sarung yang terbuat dari kayu, gading, atau emas. Keris diakui UNESCO pada tahun 2008 .

3. Batik - Batik adalah seni menghias kain dengan menggunakan lilin dan pewarna alami atau sintetis. Batik memiliki berbagai motif dan warna yang melambangkan identitas daerah, kelompok, atau individu. Batik diakui UNESCO pada tahun 2009.

Suku Mentawai Salah Satu Suku Tertua di Indonesia dengan Jejak Sejarah yang Panjang

 

Motif batik mega mendung

Photo :
  • pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title