Pantai Cepi Watu di Manggarai Timur yang Menawan, Lautnya Cocok untuk Berselancar

Pantai Cepi Watu
Sumber :
  • IG/msmt86

Ende, WISATA – Salah satu objek wisata laut yang terletak di Desa Nanga Labang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah Pantai Cepi Watu yang merupakan obyek wisata favorit bagi warga Kota Borong dan sekitarnya.

348 Kali Gempa Hembusan Terjadi di Puncak Gunung Ile Lewotolok

Pantai Cepi Watu menyajikan keindahan alam yang masih bersih dan asri serta air laut yang jernih dan berwarna biru. Di tepian pantai dapat dengan mudah dijumpai pepohonan seperti ketapang, waru, dan bakau di mana pepohonan jenis ini tumbuh sangat subur dan menambah kesejukan udara di pantai ini. Di sisi sebelah barat juga akan dijumpai bebatuan dengan sumber mata air tawar yang mengalir di antara celah-celah bebatuan tersebut. Para wisatawan juga bisa melihat pemandangan gunung yang menjulang di sisi timurnya.

Ombak di pantai Cepi Watu cukup tinggi, sehingga bagi yang ingin berenang di pantai ini harus berhati-hati. Walaupun kontur pantainya landai, tetapi wisatawan harus tetap waspada ketika air laut di pantai ini mengalami surut sejauh 300 meter karena pada pada beberapa titik di pantai ini terdapat palung laut yang dalam. Ombak yang cukup tinggi pada saat pasang, sangat cocok untuk berselancar.

Tanjung Penyu, Pantai Malang Rasa Bali, Ayo Main!

Di pantai ini sudah memiliki berbagai fasilitas yang tersedia yang dibangun oleh pemerintah kabupaten Manggarai Timur seperti Gazebo/Lopo yang tersedia di sepanjang garis pantainya, tempat kuliner yang terdiri dari beberapa bangunan warung makan, Toilet untuk MCK, areal parkir kendaraan bermotor dan tempat sampah.

Selain itu juga telah dibangun jalan setapak menyisir bibir pantai. Juga terdapat cafe bagi pengunjung yang ingin menikmati. Setiap pengunjung yang berwisata ditempat ini dikenakan biaya Rp5.000/orang untuk wisatawan lokal atau nusantara. Dan bagi wisatawan mancanegara dikenakan karcis masuk Rp10.000/orang. Kawasan wisata Pantai Cepi Watu dibuka 24 jam.

DESA WISATA: Tebara, Desa Wisata di Sumba Barat, NTT yang Sarat Adat dan Budaya Lokal

Lokasi Pantai Cepi Watu hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari kota Borong, ibukota Kabupaten Manggarai Timur dan menghadap ke arah Laut Sawu yang menjadi salah satu icon wisata di wilayah Kabupaten Manggarai Timur. Untuk menuju pantai ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika  dari kota Ruteng sebagai titik awal perjalanan, waktu tempuh bisa mencapai 1,5 jam perjalanan  karena berjarak sekitar 50 km menuju ke lokasi pantai.

 

Halaman Selanjutnya
img_title