DEMAK: Tak Sekadar Tradisi, Abon Abon Makmurkan Masyarakat dan Tingkatkan Pariwisata

Tradisi Abon Abon, Jelang Grebeg Besar Demak 2024
Sumber :
  • infopublik.id

Demak, WISATA Tradisi Abon Abon merupakan acara serah terima minyak jamas menjelang dilaksanakannya Grebeg Besar Demak 2024 dari Keraton Solo ke Kasepuhan Kadilangu sebagai uborampe (perlengkapan pendukung ritual/upacara adat) prosesi penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijogo pada 10 Zulhijah atau Sabtu, 15 Juni 2024.

Kedatangan rombongan keluarga Keraton Surakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakoe Boewono XIII, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adipati Dipokusumo, beserta abdi keraton dan pengiring, diterima sesepuh ahli waris Sunan Kalijaga, Muhammad Cahyo Imam Santoso bersama keluarga besarnya di Pendopo Notobratan Kadilangu.

Terlihat, minyak jamas dalam wadah khusus yang ditaruh di atas nampan dan tertutup kain bludru merah dibawa abdi dalem Keraton Surakarta dengan dikawal para punggowo keraton, memasuki ruangan Pendopo Notobratan.

KGPH Adipati Dipokusumo dari Keraton Surakarta mengatakan, tradisi ini merupakan tata cara adat turun-temurun dan telah berlangsung selama 500 tahun.

"Tentunya tradisi ini bermanfaat untuk kemakmuran masyarakat, jika di era sekarang dapat meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Demak,” kata KGPH Adipati Dipokusumo.

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Bupati Demak, Eisti'anah yang telah menjalankan tradisi tersebut.

Sesepuh Kadilangu, Cahyo Imam Santoso menuturkan, tradisi Abon Abon merupakan rangkaian acara menjelang penjamasan.

Tradisi ini merupakan ritual penyerahan minyak jamas beserta ubo rampe lainnya dari pihak Keraton Surakarta, yang akan dipergunakan untuk menjamasi beberapa pusaka peninggalan Sunan Kalijaga oleh ahli waris Kadilangu Demak.

Sementara itu, Bupati Demak, Eisti'anah mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga Keraton Surakarta dan keluarga Kasepuhan Sunan Kalijaga yang telah melibatkan pemkab dalam acara ini.

"Ini merupakan kedua kalinya Pemkab Demak dilibatkan dalam tradisi ini. Semoga sinergi yang baik antara Pemkab Demak, Kasepuhan Sunan Kalijaga dan Keraton Surakarta dapat meningkatkan pariwisata di Demak," ungkapnya.

Selain Bupati Eisti'anah, juga turut hadir Wakil Bupati Ali Makhsun, Sekda Demak Ahmad Sugiharto beserta para Asisten Sekda dan Kadinparta, Endah Cahyarini.

(Sumber: infopublik.id)



Prakiraan Cuaca Kota Denpasar Bali, Tanggal 26 Juni 2024