YOGYAKARTA: Wadah Srawung Masyarakat Lewat Gerak Tari Itu Bernama Kampung Menari

Kampung Menari, Wadah Srawung Masyarakat Lewat Gerak Tari
Sumber :
  • warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – Lebih dari seribu penari yang berasal dari 169 kampung se-Kota Yogyakarta, meramaikan Gebyar Kampung Menari pada hari Minggu (9/6/2024) sore, di Taman Budaya Embung Giwangan.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto mengatakan, Gebyar Kampung Menari menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya dalam bentuk seni tari, khususnya bagi generasi muda agar budaya adiluhung yang dimiliki Kota Yogya dapat terus dijaga keberlanjutannya.

YOGYAKARTA: Taman Budaya Embung Giwangan Dikembangkan Jadi Pusat Wisata di Yogya Selatan

Anak-Anak juga Turut Memeriahkan Gebyar Kampung Menari 2024

Photo :
  • warta.jogjakota.go.id
"Ini bentuk dari nguri-nguri khasanah budaya dan kesenian tari, supaya budaya lokal yang kita miliki tidak hilang, yang salah satunya, kita coba bangkitkan melalui agenda tahunan Gebyar Kampung Menari. Utamanya untuk generasi muda, supaya mengenal dan bisa mengaktualisasikan seni dan budaya yang ada," katanya.

Menurut Sugeng, antusiasme penari dari 169 kampung menjadi satu bentuk kepedulian masyarakat yang dilakukan dengan aksi nyata, dalam menjaga dan melestarikan seni budaya lokal, serta dipadukan dengan kreativitas setiap kampung dalam mengkreasikan seni tari yang ditampilkan.
Halaman Selanjutnya
img_title