PIALA AFF U-19: Bukan Jens Raven, Kamboja Bicara Sosok Pemain Indonesia yang Perlu Diwaspadai

Jens Raven
Sumber :
  • pssi.org

Surabaya, WISATA – Timnas U-19 Kamboja bakal menjajal permainan Timnas U-19 Indonesia dalam laga lanjutan Piala AFF U-19 di Surabaya, Jawa Timur.

Laga akan dimulai pukul 19.30 WIB, usai pertandingan antara Timnas U-19 Timor Leste melawan Filipina.

Khusus menghadapi Indonesia, pelatih Kamboja, Phea Sopheaktra berbicara tentang sosok Timnas U-19 Indonesia yang harus diwaspadai.

Sosok itu bukanlah Jens Raven.

Phea menyebut yang harus diwaspadai adalah sang kapten, Dony Tri Pamungkas, yang menciptakan berbagai ancaman di sayap kiri pada sepanjang laga kontra Filipina, termasuk mencatatkan dua assist untuk dua gol yang dicetak Arlyansyah Abdulmanan.

Dari sayap kiri, sang pelatih Kamboja juga menyadari bahwa Riski Afrisal, penyerang sayap kiri Indonesia, merupakan sosok yang berbahaya.

“Saya pikir mereka bermain dengan banyak kombinasi dari sayap seperti kapten, juga seperti bek sayap kiri (Dony Tri), bek kanan (Mufli Hidayat), dan juga nomor 11 (Riski Afrisal) menciptakan banyak peluang melalui pergerakan,” kata Phea dalam wawancara dengan wartawan, Jumat (19/7/2024).

“Jadi kami mencoba untuk mengubah formasi untuk melindungi gawang. Ya, ini rencana kami hari ini, namun ada satu hal yang lebih penting ketimbang taktik, yaitu para pemain,” sambungnya.

“Seperti para pemain saya, saya harus memotivasi mereka untuk bermain dengan lebih. Dengan peluang nyata dan ketidakberuntungan, kami tak mampu memenangkan laga (kontra Timor Leste),” tandasnya.

“Jadi ini adalah hal yang perlu diperbaiki oleh pelatih dan memotivasi pemain, mengangkat semangat mereka agar bisa bermain dengan lebih baik kontra Indonesia.” ujarnya.

Ketika ditanya tentang taktiknya dalam pertandingan melawan Indonesia, sang pelatih Kamboja mengindikasikan, timnya akan bermain bertahan total.

Mereka akan mengandalkan serangan balik dan membiarkan Timnas U-19 Indonesia memegang bola pada sebagian besar permainan.

“Ya, pertanyaan yang bagus. Mungkin beberapa pelatih tidak bisa bicara, namun untuk saya, saya mencoba untuk melindungi gawang terlebih dulu,” kata Phea.

“Saya mencoba untuk mendapatkan sejumlah peluang melalui serangan balik dan menyerang sedikit demi sedikit,” sambungnya.

“Inilah rencana permainan kami. Mungkin ada perubahan, ya mungkin seperti taktikal. Mungkin kami bisa mempertahankan formasi yang sama, namun mungkin bermain dengan taktik yang berbeda,” pungkasnya.

Di laga sebelumnya, Kamboja menderita kekalahan 2-3 dari Timor Leste.

Kamboja harus menang dalam laga kontra Indonesia, untuk menjaga peluang agar bisa lolos ke babak semifinal.

(Sumber: pssi.org)

KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026: 3 Striker Baru Timnas Senior Indonesia Segera Merapat, Cuss...