7 Pesan Mbah Sholeh Darat Kepada RA Kartini sebagai Murid Spiritualnya

Kyai Sholeh Darat dan R.A. Kartini
Sumber :
  • Fakta Islam

Malang, WISATA - RA Kartini, pahlawan emansipasi wanita Indonesia, dikenal karena pemikirannya yang maju dan perjuangannya untuk kesetaraan gender. Di balik sosoknya yang inspiratif, terdapat kisah menarik tentang hubungannya dengan Mbah Soleh Darat, seorang ulama besar di Semarang yang menjadi guru ngajinya.

Terinspirasi ‘Little House on the Prairie’, Sekolah Satu Ruangan Dikembangkan di Wyoming Prairie

Mbah Soleh Darat bukan sekadar guru agama bagi Kartini, beliau juga menjadi mentor dan pembimbing spiritualnya. Beliau memberikan banyak nasihat dan pesan berharga kepada Kartini, yang menjadi landasan pemikiran dan perjuangannya. Berikut 7 pesan berharga Mbah Soleh Darat kepada RA Kartini:

1. Ilmu Pengetahuan adalah Kunci Kebaikan

BANYUWANGI: Cair, 14 Ribu Guru Ngaji Terima Insentif, Alokasi Anggaran Rp9,88 Miliar

Mbah Soleh Darat selalu menekankan pentingnya ilmu pengetahuan bagi perempuan. Beliau meyakini bahwa dengan ilmu, perempuan dapat menjadi agen perubahan positif di masyarakat. Kartini pun terinspirasi oleh pesan ini dan selalu berusaha untuk terus belajar dan mengembangkan diri.

2. Berani Menyuarakan Pendapat

Racun Hemlock dan Harga Kebenaran: Warisan Socrates untuk Dunia Modern

Mbah Soleh Darat mendorong Kartini untuk berani menyuarakan pendapatnya, bahkan ketika itu bertentangan dengan norma sosial pada masanya. Beliau percaya bahwa perempuan memiliki hak untuk didengar dan dihargai. Kartini pun menjadi sosok yang berani dan lantang memperjuangkan hak-hak perempuan.

3. Persamaan Hak dan Keadilan untuk Semua

Halaman Selanjutnya
img_title