Tempat Tersembunyi di Gunung Cina Mengungkap 20.000 Fosil Prasejarah

Fosil Ichthyosaurus yang Ditemukan
Sumber :
  • Facebook/archaeologyworldwide.com

Malang, WISATA – Sejumlah besar fosil yang berisi hampir 20.000 fosil reptil, kerang dan sejumlah makhluk prasejarah lainnya yang digali dari sebuah gunung di Tiongkok kini mengungkap bagaimana kehidupan pulih setelah kepunahan massal paling dahsyat di bumi. 

Ekosistem Berusia 2 Juta Tahun di Greenland Membuka Babak Baru dalam Sejarah Evolusi

Penelitian ini dapat membantu menunjukkan spesies mana yang mungkin lebih atau kurang rentan terhadap kepunahan saat ini dan bagaimana dunia dapat pulih dari kerusakan yang disebabkan oleh umat manusia, tambah para ilmuwan. 

Kehidupan hampir musnah seluruhnya sekitar 250 juta tahun yang lalu akibat letusan gunung berapi besar-besaran dan pemanasan global yang menghancurkan. 

DIENG: Menuju Geopark Nasional, Dieng Jadi Tempat Peringatan Hari Bumi Tingkat Provinsi

Hanya satu dari 10 spesies yang selamat dari peristiwa dahsyat di akhir Permian ini. Banyak yang tidak yakin mengenai langkah-langkah yang diperlukan kehidupan untuk kembali bersatu setelah kehancuran ini atau bahkan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Kini gambaran paling jelas dari penemuan ini telah ditemukan oleh tim peneliti, yang menggali setengah gunung di Luoping di barat daya Tiongkok untuk menemukan ribuan fosil laut, ekosistem pertama yang berfungsi penuh yang terlihat setelah akhir Permian. 

Piramida Terbesar dan Tertua di Dunia Ini Ada di Cina dan Terbuat dari Material Tak Dikenal

“Pola dan waktu pemulihan dapat memberi tahu kita bagaimana kehidupan saat ini dapat pulih setelah krisis yang disebabkan oleh manusia,” kata peneliti Michael Benton, ahli paleontologi vertebrata di Universitas Bristol di Inggris. 

Lapisan batu kapur setebal 50 kaki (16 meter) yang menyimpan fosil-fosil ini berasal dari masa ketika Tiongkok selatan masih berupa pulau besar di utara khatulistiwa dengan iklim tropis. Segelintir fosil tumbuhan darat menunjukkan bahwa komunitas laut ini tinggal di dekat hutan konifer.

Halaman Selanjutnya
img_title