Memahami Industri "Self-Improvement" yang Menggeliat sebagai Lahan Ekonomi Baru

Self Improvement Komunitas sebagai Lahan Ekonomi Baru
Sumber :
  • Pexels

Jakarta, WISATA - Istilah "self-improvement" atau pengembangan diri tidak lagi asing di telinga kita. Namun, tahukah Anda bahwa industri yang mendukung perjalanan penemuan jati diri ini nilainya mencapai miliaran dolar dan terus berkembang pesat?

"Cinta adalah Dorongan Menuju Kebenaran" - Plato

Keping-Keping Puzzle "Self-Improvement"

Industri self-improvement mencakup beragam aktivitas, layanan, dan pengalaman yang terkait dengan pengembangan diri dan bantuan mandiri. Ragamnya sungguh luas: buku-buku self-help, kelas dan seminar, coaching dan terapi, hingga aplikasi dan platform digital. Menariknya, industri ini tidak hanya bisa digeluti secara individual, tetapi juga dalam kelompok dengan dukungan profesional.

Plato - "Cinta adalah Dorongan untuk Menjadi Lebih Baik"

·        Buku-buku self-help, baik cetak maupun digital, tetap menjadi pilar utama industri ini. Pertumbuhannya pun stabil dan terus menerus. Para guru, organisasi, dan lembaga swadaya berperan aktif dengan menggelar kelas, lokakarya, seminar, dan retreat yang menarik minat banyak orang.

·        Keunikan industri self-improvement terletak pada hadirnya kelompok pendukung dan organisasi swadaya. Tak jarang, kelompok-kelompok ini melampaui ranah kesehatan mental dan masuk ke wilayah pemulihan, klinis, bahkan penurunan berat badan, parenting, dan keagamaan. Alcoholics Anonymous, Recovery International, dan TOPS hanyalah beberapa contohnya.

Plato - "Cinta Sejati adalah Cinta Terhadap Jiwa, Bukan Tubuh"

·        Bagi yang membutuhkan pendampingan profesional, industri ini menawarkan jasa personal coach dan terapis. Keduanya membantu individu dalam perjalanan pengembangan diri dan peningkatan kesejahteraan mental. Penting dicatat bahwa jasa terapis dan klinik yang bersifat klinis tidak termasuk dalam ukuran pasar ini.

·        Niche kecil namun berkembang pesat adalah peningkatan kognitif dan brain training. Dari pencegahan demensia hingga "brain hacking", layanan ini ditawarkan melalui klinik profesional, platform online, aplikasi, gadget, hingga buku, puzzle, dan permainan sederhana.

Halaman Selanjutnya
img_title