Tips Menyeduh Teh untuk Menghasilkan Teh yang Berkualitas dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Secangkir Teh
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa banyak manfaat dari minum teh. Namun untuk mendapatkan minuman teh yang rasanya enak, berkualitas, dan bermanfaat bagi kesehatan, tentu perlu perlakuan khusus, misalnya dengan menyeduh teh dengan benar. Banyak negara yang memiliki tradisi minum teh yang unik. Berikut adalah beberapa tips untuk menyeduh teh yang benar dirangkum dari berbagai sumber:

  • Pilih teh berkualitas baik : Pilihlah the berkualitas baik untuk mendapatkan rasa yang enak dan khas.
  • Panaskan air: Langkah pertama adalah memanaskan air untuk menyeduh teh. Suhu air yang digunakan sedikit berbeda untuk jenis teh yang berbeda. Co-founder Pieces of Peace yang bernama Joe menyebut bahwa suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh merah misalnya, adalah sekitar 100 derajat Celsius alias air mendidih. Sementara suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh hijau tidak boleh terlalu panas, yakni sekitar 70 derajat Celcius saja.
  • Gunakan teko yang tepat : Disarankan menggunakan teko dari keramik atau kaca (jangan dari logam) dan sebaiknya yang dilengkapi dengan tabung penyaring di dalamnya.
  • Seduh teh dengan waktu yang tepat : Waktu seduh yang tepat bervariasi tergantung pada jenis teh yang digunakan. Teh hitam sebaiknya diseduh selama 3 hingga 5 menit. Teh hijau sebaiknya diseduh selama 2 hingga 3 menit. Teh putih sebaiknya diseduh selama 2 hingga 3 menit. Teh Oolong sebaiknya diseduh selama 2 hingga 3 menit. The herbal sebaiknya diseduh selama 4 hingga 6 menit.
Mengenal Jenis-jenis Teh, Sejarah dan Tradisi Minum Teh di Berbagai Negara

Secangkir Teh

Photo :
  • pixabay

Teh Turki dengan Gelas Berbentuk Bunga Tulip

Photo :
  • Latifa Nurina
Halaman Selanjutnya
img_title
TURKI: Ini Rahasia di Balik Nikmatnya Teh Turki