Jangan Biarkan Tubuh Kekurangan Vitamin D, Ini Cara Mendapatkannya dari Sinar Matahari dan Makanan

Susu
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Meskipun Indonesia beriklim tropis dan kaya akan sinar matahari, namun menurut data banyak orang Indonesia yang kekurangan vitamin D. Penelitian menunjukkan sekitar 35,1% wanita lanjut usia, 63% wanita usia 18-40 tahun, 44% anak-anak balita – 12 tahun, dan 61,25% ibu hamil di Indonesia mengalami defisiensi vitamin D. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tulang, gigi, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi tubuh lainnya.

Jangan Remehkan Jengkol Meski Aromanya Kurang Sedap Menyimpan Banyak Manfaat untuk Tubuh

Menurut beberapa sumber, faktor-faktor yang menyebabkan kekurangan Vitamin D diantaranya adalah kurangnya paparan sinar matahari. Kontradiktif bukan? Hal ini karena beberapa orang takut warna kulitnya menjadi gelap jika terpapar sinar matahari. Ada juga yang disebabkan tidak tahan panas.

Berjemur

Photo :
  • pixabay
4 Produk Unggulan Berkualitas dari Kabupaten Malang yang Wajib Dicoba!

Sebenarnya, ada waktu-waktu terbaik untuk berjemur dan mengonsumsi vitamin D dari sinar matahari. Yaitu saat di pagi hari, saat sarapan atau saat makan. Ini dapat membantu memastikan penyerapan bersama dengan nutrisi lain dan juga dapat meminimalkan risiko ketidak-nyamanan gastrointestinal. Untuk lebih jelasnya Anda bisa berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan untuk saran berdasarkan kebutuhan pribadi Anda.

Saat kulit Anda terkena sinar matahari, ia menghasilkan bentuk vitamin D yang disebut cholecalciferol. Bentuk vitamin D ini kemudian mengalami beberapa konversi di hati dan ginjal untuk diubah menjadi bentuk aktifnya, yang dikenal sebagai kalsitriol. Jumlah vitamin D yang di-sintesis melalui paparan sinar matahari tergantung pada berbagai faktor termasuk waktu, musim, lokasi geografis, pigmentasi kulit, dan jumlah kulit yang terpapar.

Manfaat Tabir Surya bagi Wajah dan Tubuh Supaya Terlindung dari Sinar Ultra Violet

Namun, dengan hanya mengandalkan sinar matahari untuk sintesis vitamin D mungkin tidak cukup untuk semua orang, terutama di daerah dengan sinar matahari terbatas selama musim tertentu. Dalam kasus seperti itu, suplemen vitamin D atau sumber makanan akan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Halaman Selanjutnya
img_title