Seperti Apa Kehidupan Wanita di Pompeii Kuno? Semua Terungkap dalam Pameran Inovatif 'Being a Woman in Ancient Pompeii'
- news.artnet.com/Pompeii Archaeological Park
Malang, WISATA – Artefak kuno ini mengungkap kisah-kisah yang tak terungkap dan kehidupan sehari-hari para wanita di kota Romawi yang bernasib malang.
Di bawah bayang-bayang Gunung Vesuvius, Pompeii telah lama menawarkan jendela yang tak tertandingi ke dalam kehidupan Romawi kuno, tetapi pandangan tersebut telah menyimpang. Selama berabad-abad, peran perempuan di kota tersebut telah diabaikan atau dikaburkan, disaring melalui sejarah yang ditulis hampir secara eksklusif oleh laki-laki, sehingga menciptakan kesenjangan mencolok dalam pemahaman kita tentang masyarakat klasik yang telah sulit diisi oleh para sejarawan modern.
Kini, sebuah pameran inovatif di Taman Arkeologi Pompeii berupaya mengubah hal itu. 'Being a Woman in Ancient Pompeii' menyoroti para wanita nyata yang pernah tinggal di sana, pengusaha, pendeta wanita, pemilik penginapan, pengrajin, pekerja seks dan budak yang kisahnya, meskipun terkubur dalam abu, masih bertahan dalam bentuk lukisan dinding, artefak dan prasasti.
Salah satu tujuan terpenting pameran ini adalah merekonstruksi kepribadian dan aktivitas para wanita yang tinggal di kota tersebut.
Misalnya, Ghedini mencatat bahwa seorang wanita bernama Clodia Nigella, digambarkan di makamnya sebagai 'pemelihara babi di depan umum,' mungkin memelihara hewan untuk ritual pengorbanan. Wanita lain, Faustilla, tampaknya mencari nafkah sebagai pegadaian menurut grafiti yang masih ada yang mencatat uang yang dipinjam, bunga yang dibayarkan dan barang-barang yang digadaikan.
Kisah delapan wanita Pompeian di kehidupan nyata kini dapat ditelusuri menggunakan aplikasi MyPompeii, bagian interaktif dari pameran ini mengundang pengunjung untuk mengikuti jejak para wanita kuno dalam perjalanan mendalam mengelilingi Pompeii, dengan menandai lokasi tempat mereka tinggal dan bekerja.
Di antaranya adalah thermopolium, kedai minuman yang ramai di salah satu jalan tersibuk di kota yang berfungsi sebagai pusat kegiatan sosial yang ramai. Bangunan ini, yang dikelola oleh seorang wanita bernama Asellina, masih berdiri hingga kini dan merupakan salah satu contoh bangunan terlengkap yang masih ada. Menampilkan meja dengan lubang yang dulunya diisi dengan wadah berisi makanan, bangunan ini ditemukan dengan kendi dan piring di tempatnya dan sisa-sisa rak kayu yang dulunya digunakan untuk menumpuk amphorae.
Untuk menarik lebih banyak pelanggan dan menonjol dari pesaingnya, Asellina mempekerjakan tiga wanita muda yang bekerja di bar dan juga menawarkan pekerjaan seks di kamar-kamar di lantai atas. Salah satu dari banyak pelanggannya adalah calon politisi terkemuka Gaius Lollius Fuscus. Meskipun dia sendiri tidak dapat memberikan suara dalam pemilihan lokal mendatang (perempuan tidak diberi hak pilih di Pompeii), Asellina masih dapat memengaruhi hasilnya dengan mendukungnya secara terbuka. Untuk menandakan kesetiaannya, dia menyewa seorang juru tulis profesional untuk menulis namanya di pintu bar, yang masih terlihat.
Di tempat lain di kota ini terdapat rumah mewah dan megah milik Julia Felix, yang dipenuhi lukisan dinding dari dinding ke dinding, dengan kamar-kamar yang menghadap ke halaman tengah dengan taman dan pasokan air pribadi. Kompleks besar ini masih memukau pengunjung hingga hari ini. Felix mewarisi properti tersebut dari ayahnya, seorang pengusaha sukses, yang memberinya tingkat kemandirian ekonomi yang luar biasa.
Tampaknya Felix juga mewarisi naluri kewirausahaan ayahnya. Setelah gempa bumi dahsyat merusak Pompeii pada tahun 62 M, Pemandian Stabia di kota itu harus dibangun kembali dan Felix melihat peluang untuk mengundang pelanggan yang membayar untuk menggunakan pemandian pribadinya dan bahkan menyewa kamar di lantai atas. Sebuah pemberitahuan sewa, yang sebagian besar masih utuh, dicat dengan huruf merah di dinding di sebelah pintu masuk dan pendapatannya memungkinkan Felix untuk memelihara rumah tempat ia dibesarkan.
Sementara itu, Eumachia lahir dari seorang produsen amphorae dan batu bata terkemuka dan kemudian menikah dengan seorang pemilik tanah yang memiliki banyak tanah, termasuk kawanan domba. Ia membangun nama dan kekayaannya sendiri melalui bisnis pengolahan wol yang berkembang pesat. Dengan cara ini, ia menjadi salah satu dari sedikit wanita yang mampu membiayai pembangunan gedung publik besar antara abad kedua dan ketiga Masehi di forum kota. Bangunan itu didedikasikan untuk pemujaan Augustus, sebuah langkah cerdas dan strategis yang menandakan kesetiaan sang donatur kepada Kaisar Augustus.
Prasasti di pintu masuk bangunan tersebut mencatat bahwa Eumachia telah menjadi pendeta wanita selama bertahun-tahun. Peran sipil yang penting ini melibatkan pengawasan upacara keagamaan yang didedikasikan untuk dewa tertentu dan melaksanakan ritual yang dianggap penting bagi kesejahteraan Kekaisaran Romawi. Pendeta wanita adalah wanita yang dipilih dari keluarga bangsawan. Sebagai seorang wanita bisnis yang ambisius, dermawan, dan tokoh masyarakat terkemuka, Eumachia mengamankan warisannya dengan menugaskan dirinya untuk membangun makam monumental, yang terbesar di Pompeii.
Menurut Ghedini, Pompeii adalah tempat yang ideal untuk memperbaiki ketidakseimbangan gender yang terjadi ketika sejarah sebagian besar ditulis oleh laki-laki. Letusan dahsyat Gunung Vesuvius pada tahun 79 M membekukan kota itu dalam waktu. Lapisan abunya tidak hanya mengawetkan sisa-sisa manusia, bangunan dan benda-benda, tetapi para arkeolog juga diberi pemahaman yang sangat terperinci tentang konteks tempat barang-barang sehari-hari ini disimpan dan digunakan.
Selain mengajak pengunjung menjelajahi ruang-ruang tempat tinggal para wanita, bagian utama pameran di Palestra Grande berfokus pada 'objek' dan 'gambar,' atau karya seni lukis yang menyediakan rekaman visual penting tentang wanita yang terlibat dalam aktivitas sehari-hari. Harta karun arkeologi disusun sedemikian rupa untuk memberikan wawasan tentang berbagai tahap kehidupan wanita Pompeii pada umumnya, mulai dari lahir hingga pendidikan, pernikahan, kehidupan rumah tangga, menjadi ibu dan kematian