Mengapa Orang Merasa Diawasi, Meski Tidak Ada Siapa-siapa di Sana?

Merasa Diawasi Menimbulkan Ketakutan
Sumber :
  • pixabay

Malang, WISATA – Ketika Anda sendirian dan tiba-tiba Anda merasa curiga bahwa ada seseorang di sekitar Anda. Mungkin Anda menonton film horor atau membaca novel thriller terbaru dan bertanya-tanya apakah ada pembunuh yang mengintai di kamar Anda. Anda melihat sekeliling dan membuka pintu lemari, tetapi tidak ada seorang pun di sana. Jadi mengapa pikiran Anda membuat Anda merasa seolah-olah sedang diawasi

BANYUWANGI: Ada Lyodra dan NDX AKA Nyanyi, Ribuan Orang Padati Festival Musik Tepi Pantai

Menurut Leslie Dobson, seorang psikolog klinis dan forensik, ada sejumlah alasan mengapa seseorang mungkin merasa seolah-olah sedang diawasi. Penyebabnya mencakup spektrum yang luas, termasuk paparan buku, film atau berita yang menakutkan, kewaspadaan berlebihan setelah kejadian yang menegangkan atau traumatis dan kondisi kesehatan mental yang serius. 

"Dalam kasus yang lebih ekstrem, seseorang mungkin mengalami paranoia dan kewaspadaan berlebihan, yang sering kali terkait dengan kondisi kesehatan mental atau penyakit otak fisik yang mendasarinya," kata Dobson dalam pesan tertulisnya. 

GROBOGAN: Tradisi Asrah Batin, Wujud Nyata Kekayaan Warisan Budaya Leluhur Nenek Moyang

Tentu saja, terkadang kita benar-benar sedang diawasi. Orang-orang kemungkinan berevolusi menjadi peka terhadap tatapan orang lain dan telah disarankan bahwa otak manusia memiliki jaringan saraf yang didedikasikan hanya untuk memproses tatapan, menurut sebuah artikel yang ditulis oleh Harriet Dempsey-Jones, seorang peneliti pascadoktoral dalam ilmu saraf kognitif di Universitas Queensland di Australia. 

Ada kemungkinan bahwa perhatian kita terhadap tatapan muncul karena dapat mendukung interaksi kooperatif antara manusia. Kemampuan ini biasanya tidak sulit untuk dikuasai; cukup mudah untuk melihat ke mana seseorang melihat karena kita dapat melihat di mana pupil mereka terfokus dan dengan penglihatan tepi kita, kita dapat mengambil isyarat, seperti bahasa tubuh, yang menunjukkan bahwa seseorang sedang melihat kita. 

LUMAJANG: Mulai Selasa, 10 September 2024, Ranu Regulo Kembali Dibuka untuk Umum, Simak Aturannya

Namun terkadang, meskipun tidak ada yang melihat, rangsangan dari luar dapat membuat kita merasa takut dan melihat sekeliling untuk melihat apakah kita sedang diawasi. Ini dapat mencakup menonton atau membaca cerita menegangkan yang tokoh utamanya sedang dibuntuti oleh sosok yang mengancam atau mendengar suara acak saat sendirian di rumah. 

Bagi orang yang pernah mengalami peristiwa traumatis, kewaspadaan berlebihan menjadi mekanisme pertahanan yang dimaksudkan untuk mencegah kita mengalami stres di masa mendatang dengan menghindari bahaya, menurut sebuah studi tahun 2023 dalam jurnal Frontiers in Psychology. Gejala seperti paranoia dan kecemasan yang biasanya muncul setelah peristiwa yang menegangkan dapat terjadi di wilayah otak yang sama, jelas Dobson. 

Halaman Selanjutnya
img_title