UNAS: Membanggakan, Raih Medali Perunggu di Ajang Lomba Film Pendek di Malaysia

Unas Raih Medali Perunggu Ajang Film Pendek di Malaysia
Sumber :
  • Umar Fauzi Bahanan

Malaysia, WISATA – Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Nasional (Unas) Jakarta berhasil membawa pulang medali perunggu (Pingat Gangsa) dalam lomba Film Pendek pada ajang Digital Innovation Creativepreneur atau DICE 2.0 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia bersama Universitas Sultan Zainal Abidin sebagai kordinator acara.

Rangkaian kegiatan ini berlangsung sejak bulan November 2023 hingga Agustus 2024.

Digital Innovation Creativepreneur atau DICE 2.0 kali ini, menggelar 4 cabang lomba antara lain, Virtual Reality, Film Pendek, Animasi, dan Digital Games.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengenalkan Industri Teknologi Digital bagi Mahasiswa di Malaysia pada khususnya, dan Mahasiswa ASEAN pada umumnya.

"Our target pembangunan kandungan kreatif digital di peringkat Institusi Pendidikan Tinggi negara", ungkap Dr. Ismahafezi Ismail selaku panitia penyelenggara.

Lebih dari 250 mahasiswa dan 48 universitas turut serta dalam kegiatan ini dengan jumlah karya lebih dari 50 karya proyek kreatif yang turut serta unjuk kebolehan.

SMKN 64 JAKARTA: Prestasi Gemilang Siswa SMKN 64 Jakarta di FLS2N Wilayah Jaktim 2

Medali Perunggu Ajang Film Pendek Malaysia untuk Unas

Photo :
  • Umar Fauzi Bahanan

"Yang terdiri (proyek kreatif - red.) dari pada animasi, filem pendek, aplikasi augmented reality, aplikasi virtual reality dan aplikasi permainan mudah alih," imbuh Dr Ismahafezi disela-sela pergelaran acara.

Sementara itu, YB Datuk TS. Mustapha Sakmud, selaku Wakil Menteri Pendidikan Tinggi Malaysia, mengapresiasi kegiatan yang telah dua tahun diselenggarakan ini.

"Merupakan salah satu usaha KPT dengan kerja sama UNISZA dalam mewujudkan platform kondusif kepada pelajar dalam bidang landskap kreatif, menaik taraf bakat, serta memperkasakan pembangunan produk dan inisiatif promosi hasil kreatif," ujar  Mustapha Sakmud saat upacara penutupan DICE 2.0 (19/8/2024).

Mustapha menambahkan, kegiatan ini digelar untuk memperkuat kemampuan kreatif para mahasiswa Malaysia pada khususnya dan mahasiswa Asean pada umumnya dengan cara menggandeng industri.

"Program ini turut diperhebatkan dengan kerja sama bersama agensi dan rakan industri, antaranya Malaysia Digital Economy Corporation (MDeC), CRADLE Fund Sdn. Bhd., MYStartUP, KRU Entertainment, Warnakala Studio, MRANTI, Celcom, MZR Global, V3X Malaysia Sdn Bhd, Tolahah Creative dan masih banyak lagi," ungkap Mustapha Sakmud.

Anggota tim dari Ilmu Komunikasi Fisip Unas terdiri dari Aura Fadhilah, Bela Marhanda Febiola, Zahra Aulia Ramadhani, Inayah Al Adawiyah dengan pembina produksi film, Umar Fauzi Bahanan, M.Si, Dr. Irfan Fauzi, dan Nursatyo, M.Si.

UGM: Gelar Workshop Sinergi dengan KAGAMA, Peran Alumuni 50% dalam Tingkatkan Reputasi Universitas

Membanggakan, Unas Raih Medali Perunggu Ajang Film Pendek Malaysia

Photo :
  • Umar Fauzi Bahanan

Terkait dengan raihan prestasi ini, Produser Film Mahasiswa Fisip Unas, Aura Fadhilah bersyukur dengan keterlibatannya pada kegiatan ini.

"Kita semua happy, kegiatan ini buat kita dapat teman dan pengalaman baru, kita juga jadi tahu, banyak generasi kita yang minat pada produksi film, animasi, dan games digital," pungkas Aura usai menerima medali perunggu.

Sementara itu menurut pembina produksi film, Umar Fauzi Bahanan, M.Si, produksi film Unas memakan waktu yang cukup lama.

"Kita kerjakan film ini sudah lama, sejak tahun 2023, namun memang produksi dilakukan selama satu hari, ya kita lakukan produksi 1 hari untuk meminimalisir biaya penyewaan alat, dan alhamdulillah, produksi 1 hari bisa membawa pulang medali perunggu," jelas Umar.

Dalam ajang ini, Unas juga memperoleh Juara dalam kategori Booth dengan Informasi terlengkap.



Daftar Drama Korea Disney+ Tahun 2024 dan 2025, dari ‘Gangnam B Side’ hingga ‘Low Life’