Musankwa sanyatiensis, Dinosaurus baru dari Zimbabwe 210 Juta Tahun yang Lalu

Fosil Musankwa sanyatiensis yang Ditemukan
Sumber :
  • wikipedia.org/Barrett

Malang, WISATA – Baru-baru ini ditemukan fosil dinosaurus di pantai Danau Kariba, di Zimbabwe

Para Ilmuwan Bantah Mitos selama 30 Tahun yang Menghubungkan Legenda Griffin dengan Fosil Dinosaurus

Fosil yang ditemukan di garis pantai Danau Kariba di Zimbabwe mewakili spesies dinosaurus yang benar-benar baru. Penemuan luar biasa ini, diberi nama Musankwa sanyatiensis, menandai spesies dinosaurus keempat yang diberi nama dari Zimbabwe. 

Penelitian yang merinci penemuan penting ini akan dipublikasikan di jurnal Acta Palaeontologica Polonica. Penelitian tersebut dilakukan oleh tim ilmuwan internasional dari University of the Witwatersrand (Wits) di Afrika Selatan, Natural History Museum of Zimbabwe, Stony Brook University di New York dan dipimpin oleh Prof Paul Barrett dari Natural History Museum di London.

JAKARTA: Festival Urban Farming 2024 di TIM Hingga Kamis, 18 September 2024, Yuk Nonton...

Penemuan Musankwa sanyatiensis sangat penting karena merupakan dinosaurus pertama yang diberi nama dari Cekungan Mid-Zambezi di Zimbabwe utara dalam lebih dari 50 tahun. Selain itu, ini adalah dinosaurus keempat yang diberi nama dari Zimbabwe, setelah deskripsi “Syntarsus” rhodesiensis pada tahun 1969, Vulcanodon karibaensis pada tahun 1972, dan, yang terbaru, Mbiresaurus raathi pada tahun 2022. 

Batuan yang menghasilkan spesimen baru ini berasal dari periode Trias Akhir, sekitar 210 juta tahun yang lalu. Musankwa sanyatiensis diwakili oleh sisa-sisa satu kaki belakang, termasuk tulang paha, tulang kering, dan pergelangan kaki. “Meskipun bahan fosilnya terbatas, tulang-tulang ini memiliki ciri unik yang membedakannya dari dinosaurus lain yang hidup pada waktu yang sama,” kata Dr Kimberley 'Kimi' Chapelle, asisten profesor di Stony Brook University dan rekan kehormatan di Evolutionary Studies Institute. 

BANYUWANGI: Usaha Anyaman Atap Ilalang Menggeliat Karena Terdampak Pariwisata

Penemuan ini diberi nama Musankwa sanyatiensis yang diambil dari nama rumah kapal 'Musankwa'. Dalam dialek Tonga, 'Musankwa' berarti 'anak laki-laki yang hampir menikah.' Kapal ini berfungsi sebagai rumah dan laboratorium bergerak tim peneliti selama dua ekspedisi lapangan ke Danau Kariba pada tahun 2017 dan 2018. Kapal ini disediakan untuk tim peneliti atas kemurahan hati David dan Julie Glynn, dan kru — Coster Katupu, Godfrey Swalika, Simbarashe Mangoroma, dan Never Mapira — yang memberikan dukungan logistik penting. 

Analisis evolusi mengungkapkan bahwa Musankwa sanyatiensis adalah anggota Sauropodomorpha, sekelompok dinosaurus berkaki dua dan berleher panjang yang tersebar luas selama Trias Akhir. Menariknya, dinosaurus ini tampaknya berkerabat dekat dengan dinosaurus sezamannya di Afrika Selatan dan Argentina. Dengan berat sekitar 390 kg, Musankwa sanyatiensis pemakan tumbuhan adalah salah satu dinosaurus terbesar pada masanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title