Tips Membuat Pupuk Organik yang Mudah dan Murah dari Kulit Bawang Merah. Begini Caranya!

Bawang Merah
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Kulit bawang merah adalah bagian luar dari bawang merah yang biasanya dibuang begitu saja. Padahal, kulit bawang merah memiliki banyak manfaat, terutama untuk tanaman. Kulit bawang merah mengandung potasium, magnesium, fosfor, zat besi, dan nitrogen yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kulit bawang merah juga dapat mencegah kerontokan bunga dan buah, meningkatkan hasil panen, meningkatkan kualitas hasil tanaman, dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit.

Mitos atau Fakta: Golongan Darah Tertentu Tidak Boleh Minum Kopi?

Untuk mengaplikasikan kulit bawang merah pada tanaman, kita perlu mengolahnya menjadi pupuk cair terlebih dahulu. Pupuk cair kulit bawang merah adalah pupuk organik yang dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Pupuk cair ini sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman, mendorong tanaman untuk berbunga dan berbuah, meningkatkan hasil panen, meningkatkan kualitas hasil tanaman, dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit.

Berikut ini adalah cara membuat pupuk cair dari kulit bawang merah yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bunda, Begini Cara Melatih Anak agar Bisa Menjadi Mandiri

Kumpulkan kulit bawang merah yang didapat dari 250 gram bawang merah dan siapkan air bersih sekitar 3 liter. Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

  • Cuci bersih kulit bawang merah dan masukkan ke dalam wadah yang cukup besar.
  • Tuangkan air bersih ke dalam wadah hingga kulit bawang merah terendam seluruhnya.
  • Tutup wadah dengan rapat dan biarkan selama 24 jam agar zat-zat yang terkandung dalam kulit bawang merah larut ke dalam air.
  • Setelah 24 jam, buka tutup wadah dan saring air rendaman kulit bawang merah dengan menggunakan kain bersih atau saringan halus.
  • Pupuk cair kulit bawang merah siap digunakan untuk menyiram atau menyemprot tanaman.

menyemprot tanaman

Photo :
  • pixabay
Tak Harus Kaya untuk Membangun Keluarga Bahagia, Begini Caranya

Pupuk cair kulit bawang merah dapat digunakan untuk berbagai jenis tanaman, baik hias maupun buah. Pupuk cair ini dapat diberikan setiap dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Halaman Selanjutnya
img_title