BUDAYA: Meriah, Pagelaran Ketoprak Moderasi Beragama "Sunan Gunung Jati"

Pendukung Ketoprak Moderasi Beragama Sunan Gunung Jati
Sumber :
  • Christiyanto

Jakarta, WISATA – Ratusan penonton menghadiri Pagelaran Syiar Budaya Islam, Pentas Ketoprak: Budaya dan Moderasi Beragama Sunan Gunung Jati dalam lakon "Wo Ai Ni di Gunung Jati" di gedung Bidakara, Jakarta Sekatan, Jumat (23/8/2024) malam.

Pagelaran ketoprak ini diisiasi Kementerian Agama RI, Pawarta Jogja, Banhudha DIY dan Kagama Depok.

AYU AZHARI: Ketagihan Ikut Pentas Ketoprak yang Kedua Kali, Selalu Dukung Moderasi Beragama

Pagelaran Ketoprak Sunan Gunung Jati

Photo :
  • Christiyanto

Pementasan ini juga didukung Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Anwar Sanusi dan artis Ayu Azhari sebagai bintang tamu.

Sementara Agus Marsudi dan Laksitowati menjadi penulis naskah dan sutradara.

BUDAYA: Yuk, Jadi Saksi Pagelaran Ketoprak "Sunan Gunung Jati", Jumat, 23 Agustus 2024

Pagelaran Ketoprak Sunan Gunung Jati

Photo :
  • Christiyanto

Dalam sambutannya, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kemenag RI, Kamaruddin Amin menyatakan pertunjukan ketoprak dipilih, karena tidak hanya berupa sebuah pertunjukan, melainkan juga sebuah cermin yang memantulkan wajah budaya kita yang sangat kaya, yang merangkul segala yang baik dari masa lalu dan tentunya di masa depan yang bekerja dalam peranannya sebagai pilar pembangunan peradaban.

LEBARAN 2024: Sidang Isbat Awal Syawal 1445 H Digelar Selasa Besok, 9 April 2024

Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin

Photo :
  • Christiyanto

"Ketoprak telah menjadi alat untuk menyampaikan nilai-nilai luhur yang melampaui batas-batas ruang dan waktu. Melalui kisah-kisah yang diceritakan, ketoprak mengajarkan kita tentang kebijaksanaan, tentang cinta dan pengorbanan, tentang kebenaran dan keadilan, seperti Sunan Gunung Jati yang menggunakan budaya sebagai media dakwah dan penyebaran Islam," ujar Dirjen Kamaruddin.

Kamaruddin menambahkan demokrasi dalam agama mengajarkan kita untuk hidup saling menghargai perbedaan dan memahami, bahwa kebhinekaan adalah kekuatan.

Halaman Selanjutnya
img_title