Strata Industri Kopi di Indonesia yang Penting Untuk Diketahui

Kopi Indonesia, Nomor Empat Terbesar di Dunia
Sumber :
  • pexels/arshad sutar

WisataKopi kini adalah gaya hidup. Tidak ada satu kota pun di Indonesia yang bebas dari coffee shop, warung kopi, café, atau sejenisnya yang menjual minuman kopi dengan berbagai varian rasa. Tidak ngopi bisa diolok-olok kurang gaul dan kurang update.

Terpapar YOLO, FOMO, dan FOPO: Ini Daftar Negara dengan Generasi Muda yang Paling Terpengaruh

Namun tahukah Anda yang ada di balik secangkir kopi nikmat yang Anda teguk pagi ini? Tentunya adalah produsen kopi khususnya industri kopi

Industri kopi di Indonesia memiliki peran yang penting dalam perputaran distribusi komoditas kopi di Indonesia. Kopi di Indonesia merupakan komoditi kopi nomor empat terbesar di dunia. Dan, produksi kopi Indonesia sebagian besar diekspor yaitu sebesar 67%, sedangkan sisanya 33% beredar di berbagai daerah di Indonesia.

Mitos atau Fakta: Golongan Darah Tertentu Tidak Boleh Minum Kopi?

Dengan distribusi yang sebagian besar diperuntukkan ekspor, maka industri kopi Indonesia dapat dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Industri skala kecil

PEKANBARU: Kopi Aceh Jadi Primadona dalam Gernas BBI dan BBWI Apeksi Komwil I Sumatra

Industri skala kecil adalah industri kopi skala rumah tangga. Biasanya mereka juga petani kopi, namun hanya memiliki beberapa pohon kopi di kebunnya. Mereka memanen kopi secara regular dan memprosesnya sendiri secara sederhana lalu menjual di pasar lokal. Biasanya industri skala kecil seperti ini belum mengurus izin usaha.

2. Industri skala menengah

Halaman Selanjutnya
img_title