INFO HAJI: Jemaah Haji Lansia Diberi Perhatian Khusus dalam Pengelolaan Kesehatan di Tanah Suci

Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro Susilo
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Wisata –Jakarta (Kemenag), Para jemaah haji lanjut usia (lansia) yang telah sampai di Tanah Suci diberikan perhatian khusus dalam pengelolaan kesehatan mereka. Hal ini menjadi sangat penting mengingat suhu udara di Saudi Arabia yang jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. Di Kota Madinah, suhu bahkan mencapai puncaknya hingga 40 derajat Celsius.

INFO HAJI 2024: Gelombang II Jemaah Haji Mulai Bergeser ke Madinah

"Para jemaah, terutama lansia, diimbau untuk menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya dan menghindari aktivitas di luar ruangan. Kondisi cuaca di Madinah sangat terik, dengan suhu mencapai 40 derajat Celsius," ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI, Liliek Marhaendro Susilo, dalam konferensi pers di Media Center Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat di kompleks Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, pada Kamis (25/5/2023).

Dengan perbedaan suhu yang signifikan dibandingkan dengan Tanah Air, jemaah haji lansia diminta untuk menghemat energi agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik, terutama saat melaksanakan wukuf di Arafah. Biasanya, ketika tiba di Madinah, banyak jemaah Indonesia yang melaksanakan salat berjamaah sebanyak 40 waktu atau arbain.

INFO HAJI 2024: Simak Tips Agar Jemaah Haji Tidak Kelelahan usai Penerbangan Panjang ke Tanah Suci

Namun, Liliek menyarankan agar hal ini tidak perlu dilakukan jika dirasa merepotkan atau bahkan membahayakan jiwa, terutama bagi jemaah lansia. Tidak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan salat berjamaah di Masjid Nabawi di tengah cuaca panas yang ekstrem seperti ini.

"Jemaah juga dapat melaksanakan salat di tempat penginapan untuk menghindari kelelahan," tambahnya.

INFO HAJI 2024: Kisah Jemaah Embakasi Banjarmasin yang Lupa Jalan Pulang ke Hotel, Sampai Nangis...

Liliek juga memberikan beberapa panduan yang berguna untuk menghindari kebingungan selama beribadah di Masjid Nabawi dan beraktivitas di Kota Madinah. Pertama, jemaah diimbau untuk mencatat nama dan nomor kamar penginapan sebelum berangkat ke Masjid Nabawi.

Kedua, penting untuk memberitahukan dan mencatat nomor kontak Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di penginapan. Ketiga, selalu kenakan identitas pengenal, terutama gelang jemaah. "Jangan menukar gelang dengan jemaah lain," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title