Wellness Global: Etnaprana Budaya Sehat Jamu Terpilih Warisan Budaya Tak Benda Dunia UNESCO

Retno Marsudi Saat Menerima Penghargaan UNESCO
Sumber :
  • Istagram Retno Marsudi

Den Haag, WISATA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengumumkan dengan bangga bahwa Budaya Sehat Jamu telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya TakBenda Dunia oleh UNESCO. Pengumuman ini dilakukan sebelum Retno Marsudi kembali ke Jakarta, saat menerima sertifikat asli penetapan dari Dubes/Delegasi Tetap RI untuk UNESCO.

Panas Bumi: Harapan Baru Indonesia untuk Energi Terbarukan dan Pembangunan Berkelanjutan

Inskripsi Budaya Sehat Jamu diumumkan dalam Sidang Komite Konvensi Warisan Budaya Tak benda (Intangible Cultural Heritage/ICH) UNESCO ke-18 di Kasane, Botswana, pada 6 Desember 2023. Pengakuan ini memperkuat posisi Indonesia sebagai pelindung warisan budaya yang kaya dan beragam.

Budaya Sehat Jamu mencakup keterampilan tradisional dan nilai-nilai budaya terkait dengan obat-obatan alami tradisional. Dibuat dari tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah, Jamu tidak hanya sebuah obat, tetapi juga representasi dari warisan nenek moyang yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Metode pengobatan tradisional yang digunakan bertujuan meningkatkan kesehatan melalui peningkatan kekebalan tubuh.

Pemerintah Ajak Publik dan Pemangku Kepentingan Beri Masukan untuk Tata Kelola Digital Lebih Baik

UNESCO menegaskan bahwa Budaya Sehat Jamu juga berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Mendukung kesehatan dan kesejahteraan, kesetaraan gender, produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab, serta menjaga kehidupan di darat.

Keputusan ini menjadi dorongan bagi Indonesia untuk terus melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya tradisional. Selain itu, menghadirkan peluang bagi promosi pariwisata yang berfokus pada kekayaan budaya dan tradisional, wellness yang kini dikenal sebagai etnaprana.

Pemerintah Percepat Transformasi Digital, Kolaborasi Global Menjadi Kunci Sukses

Etnaprana adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsep wellness yang berakar pada budaya, tradisi, dan kekayaan alam Indonesia yang sudah berlangsung secara turun temurun. Etnaprana menekankan pentingnya keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa, serta hubungan antara manusia dengan alam.

Penerimaan sertifikat ini juga menjadi bukti bahwa dunia semakin menghargai kearifan lokal dalam menjaga kesehatan. Budaya Sehat Jamu tidak hanya menjadi identitas Indonesia, tetapi juga membawa dampak positif pada tingkat global.