Sedang di Luar Kota, KTP Hilang? Gampang, Cetak Saja di Situ!

KTP Merupakan Identitas Resmi Penduduk Indonesia
Sumber :
  • tangkap layar instagram/Abdee.Ivan

Malang, WISATA – Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas  resmi penduduk yang di dalamnya berisi data diri seperti nama, alamat, tanggal lahir yang dilengkapi cip untuk menyimpan data-data tersebut secara elektronik. Jadi, KTP sangat penting, karena apabila terjadi suatu peristiwa yang di luar dugaan atau untuk kepentingan administratif lain, maka seorang penduduk dikenali melalui KTP.

Inilah Alasan Mengapa Semakin Tua Usia Seseorang, Menjadi Lebih Emosional

Karena KTP sifatnya sangat penting, maka harus selalu dibawa dan disimpan di tempat yang aman, sehingga bila diperlukan dapat segera ditunjukkan. Namun sering kali orang kehilangan KTP, entah karena lupa menyimpan atau karena tindak kriminalitas seperti pencurian. Bila hal ini terjadi, maka harus membuat laporan polisi untuk mencetak KTP baru. 

Ketika dalam suatu keadaan seseorang berada di luar kota, kemudian mengalami kehilangan KTP, bagaimana cara mengurusnya? Apakah harus pulang ke daerah asal di mana tempat KTP tersebut dibuat? Bukankah setiap perjalanan dengan menggunakan angkutan umum seperti kereta api dan pesawat terbang diperlukan KTP? Ternyata ada caranya dan sangat mudah.

Dokumen Romawi Tulisan Tangan Tertua Ditemukan di London

KTP yang hilang, dapat di cetak di mana pun tanpa harus kembali ke daerah asal tempat KTP tersebut dicetak. Berdasarkan keterangan dari Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrullah, KTP yang hilang dapat diurus di mana saja, tanpa harus pulang kampung terlebih dulu.

Cara mengurus KTP yang hilang ketika berada di luar kota yaitu, pertama-tama harus minta surat keterangan hilang dari kepolisian. Kemudian, surat keterangan kehilangan tersebut dibawa ke Dinas Dukcapil terdekat. Di sana, Anda akan dibuatkan KTP yang baru tanpa mengubah alamat asal, istilahnya numpang cetak saja. Pembuatan KTP baru ini gratis alias tidak dipungut biaya.

Inilah Hasil Gelaran Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 di Gedung Kemendagri

Begitulah tata cara pembuatan KTP baru apabila Anda kehilangan KTP dan sedang berada di luar kota. Anda tidak perlu panik, karena sudah ada jalan keluar untuk mengurus KTP tersebut yang mudah dan cepat tanpa harus pulang kampung. Namun demikian tetaplah harus hati-hati menyimpan setiap dokumen penting dan berharga seperti KTP.