International Mask Festival 2023 Ada di Malang, Luangkan Waktumu untuk Datang!

Pertunjukan Seni Topeng dalam International Mask Festival
Sumber :
  • tangkap layar you tube/International Mask Festival

Malang, WISATA – Dalam minggu ini Kota Malang akan punya gawe bertaraf internasional, yaitu festival topeng dengan judul “International Mask Festival 2023”. 

Seiring Banyaknya Diaspora Indonesia Tempe meng-Global ke Berbagai Belahan Dunia

Kota Malang yang mempunyai topeng khas malangan, akan menyelenggarakan festival tersebut nanti pada hari Senin 20 November 2023 di Taman Krida Budaya Jawa Timur, Jl. Soekarno-Hatta No. 7 Kota Malang. Acara dibuka pukul 19.00 sampai dengan selesai dan diadakan gratis. Oleh karena itu warga Malang diharapkan hadir dan datang ke acara tersebut. 

Festival Topeng Internasional ini, seperti yang diunggah akun @disporaparkotamalang di Instagram, akan dimeriahkan pertunjukan seni topeng dari berbagai negara, antara lain Republic of Korea, Equador, Malaysia, Japan, Philippines serta daerah di seluruh penjuru Nusantara, di antaranya Bali, Yogyakarta, Surakarta, Ponorogo, Banyuwangi, Jombang dan tentu saja sang tuan rumah, Malang. 

SOLO: Hari Jamu Nasional ke-16 2024, Bisa Lho Bupati Ngeracik Jamu Sendiri!

Beberapa acara telah dilaksanakan untuk menyambut acara “International Mask Festival 2023” nanti seperti mewarnai topeng malangan yang dilakukan oleh Pejabat Wali Kota Malang bersama Forkompimda. Ada sekitar 150 topeng malangan yang diwarnai  diantaranya topeng Panji Asmoro Bangun, Dewi Sekartaji, dan Bapang. 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Baihaqi, S.Pd, SE, M.Si. mengatakan,”Karya hasil mewarnai topeng akan dipampang di depan Balai Kota Malang selama satu minggu. Ini akan kita dokumentasikan dan kita serahkan ke UNESCO. Ini akan membuat Kota Malang makin mbois”. 

Ada Kapel dan Lampu Gantung Terbuat dari Garam di Tambang Polandia Kuno dengan Danau Bawah Tanah

Sementara itu, Pejabat Wali Kota Malang berharap dengan diselenggarakannya “International Mask Festival 2023” di Kota Malang ini dapat menjadi upaya literasi bagi masyarakat terkait budaya topeng. Wahyu mendorong masyarakat Kota Malang memikiki perhatian lebih untuk seni budaya lokal Kota Malang. 

Ayo ramaikan, “International Mask Festival 2023”, datanglah bersama-sama ke Taman Krida Budaya Jawa Timur nanti pada tanggal 20 November 2023! Akan ada performing art dari berbagai negara dan tentu saja daerah-daerah di Indonesia, pasti keren dan seru.

Halaman Selanjutnya
img_title