Mengenal Bendungan Margatiga, Proyek Strategis Nasional yang Meningkatkan Kesejahteraan Lampung

Bendungan Margatiga Lampung
Sumber :
  • IG/bendunganmargatiga

WISATA – Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah Bendungan Margatiga yang berada di Lampung. Bendungan Margatiga sudah dibangun sejak 2017, dengan target tuntas tahun 2024. Kapasitas bendungan mampu menampung sebanyak 42,31 juta m3 dengan luas genangan 2.217 ha dan tinggi bendungan 22,5 m. Sebagai pelaksana proyek konstruksi, pemerintah telah menunjuk PT Waskita Karya. Nilai proyek bendungan Margatiga adalah sebesar Rp850 miliar.

TOL SEMARANG - DEMAK, Terus Dipercepat Pembangunannya oleh PUPR

Dirangkum dari indonesia.go.id, dalam kunjungananya ke Lampung belum lama ini, Presiden Joko Widodo berharap bahwa sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, Bendungan Margatiga ini ditargetkan segera selesai sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Selanjutnya menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, bendungan itu diproyeksikan akan meningkatkan jumlah tampungan air dan mendukung lumbung pangan nasional di Provinsi Lampung, karena tujuan keberadaan bendungan adalah meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku dan pengendalian banjir.

Bendungan Margatiga Lampung

Photo :
  • IG/yodya_infrastruktur
Inilah 8 Proyek Strategis Nasional yang Diresmikan Jokowi, Termasuk Kawasan Wisata dan Industri

Selain itu, keberadaan bendungan itu bermanfaat untuk pengairan Daerah Irigasi (DI) di Provinsi Lampung seluas 16.588 ha, yakni DI Jabung kiri seluas 5.638 ha dan potensi DI Jabung kanan seluas 10.950 ha. Pilihan Lampung sebagai daerah lumbung pangan adalah ditinjau dari sisi geografis, daerah itu sangat dekat dengan Pulau Jawa sehingga ketika pangan dibutuhkan sangat mudah menjangkau daerah itu, apalagi daerah itu bisa dijangkau melalui darat.

Pangan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat di sebuah negara. Maka dari itulah, penting bagi negara tersebut untuk menjamin ketahanan pangan. Karena pada dasarnya ketahanan pangan adalah ketersediaan dan kemampuan seseorang untuk mengakses pangan.

Halaman Selanjutnya
img_title
PARAPUAR, Destinasi Pariwisata Superprioritas Labuan Bajo yang Menakjubkan