MALANG : Bukan Hanya Kota Wisata, Namun juga Kota Ramah Lansia

Sepasang lansia
Sumber :
  • freepik.com

Malang, WISATA – Dalam rangka mewujudkan Kota Malang Ramah Lansia sekaligus meningkatkan kualitas hidup lansia, Kepala Bappeda Kota Malang Dwi Rahayu, SH, M.Hum mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh berbagai kelompok lanjut usia untuk memastikan warga lansia di Kota Malang bisa menjalani hidup dengan bahagia dan terlayani segala kebutuhannya.

INFO HAJI 2024: Viral Foto Lansia Tanpa Identitas di Madinah, Bukan Jemaah Reguler dan Khusus, Lho?

Sementara itu dilansir dari malangkota.go.id, penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan langkah-langkah strategis yang dilakukan untuk mewujudkan Kota Malang Ramah Lansia. Disebutkan juga  pentingnya penguatan kelembagaan Komda Lansia, Karang Wredha, dan Forum Lansia lainnya. Lansia juga harus memiliki wadah dan kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas serta mampu berperan aktif dalam masyarakat. Selanjutnya, kemitraan pelayanan dan pemberdayaan lansia di tingkat kecamatan dan kelurahan juga harus diperkuat.

Wahyu juga menyampaikan bahwa lansia dengan segala pengalamannya tentu dapat mendukung program pembangunan kota. Diantara keinginan lansia untuk memiliki kegiatan mengisi masa senjanya, adalah dengan adanya Sekolah Lansia. Dengan demikian lansia bisa saling berinteraksi dan saling memberikan semangat sehingga akan lebih sehat. Saat ini angka harapan hidup kita ada di usia 73,75 tahun. Diharapkan dengan Kota Malang yang aman, nyaman, dan perhatian bagi lansia bisa meningkatkan harapan hidup bagi semuanya.

COVID-19, Dinkes DKI Jakarta Ungkap 2 Kasus Kematian Karena Positif Covid-19

Lansia

Photo :
  • freepik.com

Untuk diketahui, Kota Malang memiliki jumlah penduduk lansia cukup tinggi. Menurut data yang dimuat di publikasi Kota malang dalam Angka Tahun2023, persentase warga lansia di Kota malang sebesar 13 persen atau sekitar 110.116 jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa kota malang memiliki tantangan dan peluang dalam mengurus dan memberdayakan lansia sebagai bagian dari masyarakat. Bahkan kesejahteraan para lansia tersebut diatur dalam sebuah perda, yaitu Perda Nomor 13 Tahun 2015 tentang Kesejahteraan Lansia. Perda ini mengatur tentang peningkatan kesejahteraan lansia ditujukan untuk memenuhi kebutuhan fisik, mental, serta memberi perlindungan bagi lansia. Tujuannya adalah agar Kota Malang menjadi kota yang ramah lansia.

Begini Strategi Gerak Cepat Kurangi Emisi Karbon untuk Mencapai Target Net Zero Emission di 2050

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Malang tersebut dapat disimpulkan bahwa kota malang telah membuat dan mempertahankan kota ramah lansia dengan cara memberikan perhatian, perlindungan, pelayanan, dan pemberdayaan bagi lansia. Dengan demikian, lansia di Kota Malang dapat menjalani hidup dengan bahagia dan bermartabat.