INFO HAJI: Selamat Iduladha 1444H/2023M, Menteri Agama Ajak Tingkatkan Solidaritas Kemanusiaan

Menag Yaqut Cholil Qoumas
Sumber :
  • https://kemenag.go.id/pers-rilis

Makkah, WISATA- Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan ucapan Selamat Iduladha 1444H/2023M kepada umat Muslim di Indonesia.

INFO HAJI 2024: Viral Foto Lansia Tanpa Identitas di Madinah, Bukan Jemaah Reguler dan Khusus, Lho?

"Dalam momen Iduladha ini, marilah kita tingkatkan solidaritas kemanusiaan dan kedermawanan di tengah bangsa kita," kata Menag Yaqut dari Tanah Suci pada Kamis (29/6/2023).

Menurut Menag, pesan ini sejalan dengan keteladanan yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS. "Nabi Ibrahim AS, sebagai bapak para nabi, merupakan sosok dengan jiwa kemanusiaan dan kedermawanan yang luar biasa. Beliau memiliki rasa kepekaan sosial yang tinggi," ujar Gus Men, sapaan akrabnya.

INFO HAJI 2024: Hari Senin Pagi Ini, Jemaah Haji Mulai Bergeser dari Madinah ke Makkah, Bismillah...

Gus Men menjelaskan bahwa Ibrahim AS memiliki kekayaan yang melimpah, termasuk dalam hal kepemilikan hewan ternak. Namun, hal tersebut tidak membuat Ibrahim AS terlena. Bahkan, beliau dengan tulus berbagi dengan sesama.

Terutama, jika yang meminta bantuan adalah tamu yang datang kepadanya. Sikap ini menunjukkan kesanggupan Ibrahim untuk menghormati sesama manusia. Inilah yang kemudian membuat Ibrahim AS dikenal dengan sebutan Abu Ad-Duyuf atau Bapak Para Tamu.

INFO HAJI: Mulai Senin (20/5/2024), Jemaah Haji Mulai Berangkat dari Madinah ke Makkah, Bismillah...

"Semangat untuk menghargai kemanusiaan dan kedermawanan yang dimiliki oleh Ibrahim inilah yang harus kita contoh pada momen Iduladha ini," ujar Menag.

Sementara itu, khusus untuk para jemaah haji yang telah memulai lempar jumrah sejak kemarin, Gus Men mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title