HKTI Gelar Perayaan HUT ke-50, Usung Tema Bersama Petani, Indonesia Kuat

Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun HKTI ke-50
Sumber :
  • Dokumen HUmas HKTI

WisataJakarta, 7 Juni 2023 - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 dengan penuh semangat di Hotel Discovery Ancol Jakarta pada Rabu (07/06/2023). Perayaan ini mempertegas komitmen HKTI dalam mendukung petani dan memperkuat sektor pertanian di Indonesia dengan mengusung tema yang kuat, yaitu "Bersama Petani, Indonesia Kuat".

PURBALINGGA: Keren...Sapu Sorgum Karanggambas, Sukses Tembus Pasar Korea Selatan dan Jepang

Acara perayaan yang dihadiri oleh ratusan anggota HKTI, termasuk pengurus DPP, DPD, DPC, organisasi sayap HKTI, perwakilan pemerintah, dan mitra kerja, menjadi momentum penting untuk merenungkan peran dan kontribusi yang telah dilakukan oleh HKTI dalam mendukung pertanian dan petani Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP HKTI, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, S.I.P, menegaskan pentingnya introspeksi dan evaluasi terhadap kinerja organisasi selama 50 tahun ini. Moeldoko juga menggarisbawahi pentingnya posisi HKTI sebagai mitra strategis pemerintah dalam menjaga kepentingan petani.

Hadapi Potensi Rawan Pangan di Dunia: Saatnya Indonesia Melirik Singkong, Ini Alasannya

HKTI siap mendukung kebijakan pemerintah yang berpihak kepada petani, namun juga siap mengkritik kebijakan yang merugikan petani. Hal ini menunjukkan keseriusan HKTI dalam menjalankan perannya sebagai lembaga penjembatan antara dunia perguruan tinggi, riset, pemerintah, petani, dan pasar, untuk menciptakan keseimbangan antara penawaran dan permintaan.

Dalam konteks pengembangan sektor pertanian, Moeldoko menggarisbawahi potensi sorgum sebagai komoditas yang dapat memberikan manfaat signifikan bagi pertanian Indonesia. Ia menyampaikan keinginannya untuk membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan sorgum melalui roadmap yang telah disampaikan kepada Presiden.

Sambut Hari Tani Nasional, HKTI Gelar Bazar Sembako Murah di Jakarta

Sekretaris Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) HKTI, Dr. Benny Pasaribu, juga turut memberikan arahan kepada anggota HKTI untuk berperan dalam hilirisasi hasil pertanian berbasis produk unggulan daerah. Hilirisasi ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani dan rakyat Indonesia secara keseluruhan.

Perayaan HUT ke-50 ini juga menjadi momentum untuk memberikan penghargaan kepada individu dan lembaga yang peduli dan berkontribusi dalam memajukan sektor pertanian. Delapan orang yang termasuk pengusaha, perusahaan, akademisi, generasi muda, petani sukses, dan kepala daerah, menerima penghargaan sebagai Tokoh Peduli Pertanian.

Halaman Selanjutnya
img_title