Kinang Kilaras, Tarian Betawi...Yuk, Belajar Menari Langsung dari Penciptanya

Belajar Tari Betawi Kinang Kilaras, Langsung dari Penciptanya
Sumber :
  • Dok. Kagama Beksan

WisataKagama Beksan Jabodetabek, sebuah komunitas seni dan budaya tari nusantara, berencana  menyelenggarakan Workshop Tari Kinang Kilaras, pada hari Minggu, 18 Juni 2023, mulai pukul 08.30 WIB hingga 15.00 WIB.

Pelatihan Pokdarwis dan Masyarakat di Malang untuk Pengembangan Kampung Wisata Tematik

Kegiatan ini bakal digelar di EQ Dance Studio 2di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Acara ini terbuka untuk umum sehingga Anda pun, bisa turut serta di dalamnya, dengan membayar biaya Rp 250.000 untuk umum dan Rp 200.000 bagi anggota Kagama Beksan. Dan yang lebih spesial lagi, workshop Tari Kinanga Kilaras ini akan diajarkan langsung oleh pencipta tarian tersebut, yaitu Syarifudin. Wow, sungguh sayang untuk dilewatkan.

Tari Kinang Kilaras merupakan tarian tradisional yang berasal dari Betawi, Jakarta dan mulai diperkenalkan pada tahun 2002. Tarian ini menceritakan betapa bahagianya wanita-wanita elok Betawi yang masih digambarkan di wilayah Jakarta hingga saat ini.

KAGAMA BEKSAN JABODETABEK: Tampilkan Tiga Tarian Nusantara di Acara Peringatan Hari Tari se-Dunia

Kata Kinang Kilaras sendiri, berasal dari dua kata yaitu kinang yang berarti nama tokoh Betawi (Mak Kinang) dan kilaras yang berarti selaras. Tarian ini mengambil dasar gerakan yang memadukan gerakan tarian topeng dan cokek.

Adapun musiknya, menggunakan iringan yang diambil dari lagu Petik Kelapa yang kemudian diaransemen oleh Sudaryana, dengan komposisi musik kromong yang kuat.

KAGAMA BEKSAN JABODETABEK: Siap Pentaskan Tari untuk Hari Tari se-Dunia di Solo, Senin Malam

Kostum yang digunakan untuk bagian kepala, antara lain siger, tusuk konde, bunga posisi berdiri, hiasan, dan anting.

Sedangkan untuk bagian badan, digunakan modifikasi toka-toka, kebaya, ikat pinggang, amprok, dan selendang. Sementara untuk bagian bawahan, menggunakan kain betawi.

Halaman Selanjutnya
img_title