LIPUTAN INTI 2023: AIIS-2023, Membuka Jendela Menuju Kecerdasan Buatan yang Demokratis

Nexzar Patria, M.Sc.,MBA
Sumber :
  • Handoko

Jakarta, WISATA - Panggung utama untuk inovasi kecerdasan buatan (AI) telah resmi dibuka dengan acara Artificial Intelligence Innovation Summit 2023 (AIIS-2023). Acara ini dimulai dengan sambutan dari Prof. Hammam Riza, Ketua Organizing Committee dan Presiden Kolaborasi Riset dan Inovasi Kecerdasan Buatan (KORIKA). AIIS-2023 menandai awalnya rangkaian kegiatan yang mengangkat tema utama "Democratizing Artificial Intelligence for All" atau Demokratisasi Kecerdasan Buatan bagi Semua, dengan fokus pada penggunaan AI yang inklusif dan etis.

Pemerintah Dorong Akselerasi Transformasi Digital Pasca Serangan Siber pada Pusat Data Nasional

Acara ini mendapatkan kehormatan dengan hadirnya Keynote Speech dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakili oleh Deputi Empat Kementerian Perekonomian. Beliau menyambut baik penyelenggaraan AIIS-2023 dan mengharapkan adanya hasil keputusan yang inovatif dari acara ini.

Wakil Menteri Informasi dan Komunikasi, Rezar Patria, juga memberikan pandangannya pada acara ini. Beliau mengungkapkan betapa pentingnya teknologi AI dalam transformasi dunia informasi dan komunikasi, serta bagaimana pendekatan etis dan inklusif harus menjadi landasan dalam pengembangan AI.

Merespons Perkembangan Teknologi AI: Langkah Indonesia Menuju Masa Depan yang Inklusif

 

Prof. Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc.,IPU

Photo :
  • Handoko
Memahami Cara Bekerja Brain Cipher Ransomware yang Menyerang Pusat Data Nasional

Prof. Mohammad Ali Berawi, Deputi Bidang Green and Digital Otorita IKN, turut berbicara mengenai potensi teknologi AI dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian lingkungan di Ibu Kota Nusantara.

Bambang Brojonegoro juga memberikan pandangan berharga, menyoroti bagaimana terkadang masyarakat terjebak dalam tujuan jangka pendek yang mengaburkan pandangan jangka panjang. Ia mengingatkan agar dalam pengembangan AI, investasi dalam penelitian harus menjadi prioritas untuk menghindari kesalahan yang serupa.

Halaman Selanjutnya
img_title