LUMAJANG: Duh, Teganya....Pacarku Temukan Ratusan Paku Nancap di Pohon

Pasukan Pencari Paku (Pacarku) Cabut Paku dari Pohon
Sumber :
  • portalberita.lumajangkab.go.id

Lumajang, WISATA – Pasukan Pencari Paku (Pacarku) kembali menyisir dan melakukan operasi paku di sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pasukan yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup dan Satuan Polisi Pamong Praja ini, melakukan sweeping di pepohonan Ruang Terbuka Hijau dan Jalur Hijau, pada hari Kamis (19/9/2024).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah perlindungan dan pelestarian pohon sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2023 Tentang Perlindungan dan Pelestarian Pohon.

"Ini sebuah langkah, upaya bentuk komitmen kami terhadap perlindungan pohon. Pacarku ini melakukan pembersihan paku pada banner-banner di pohon atau paku yang ada di pohon, dicabut semua," ujarnya.

Hasilnya, ada ratusan paku yang telah berhasil dicabut.

Pacarku akan terus melakukan operasi paku di sejumlah lokasi strategis yang digunakan oknum tidak bertanggung jawab untuk menempel banner.

"Kami akan terus melakukan upaya perlindungan pohon, salah satunya kegiatan Pacarku tadi. Perawatan juga dilakukan, penyiraman rutin, pemangkasan rutin," jelasnya.

Hertutik punmengimbau masyarakat untuk tidak melakukan penempelan banner dengan menggunakan paku di pohon, karena bisa merusak pohon.

Ia meminta warga juga ikut berpartisipasi dalam perlindungan dan pelestarian pohon, utamanya yang ada di Ruang Terbuka Hijau dan Jalur Hijau.

(Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id)


LUMAJANG: Dari Biji Kurma Sejereh, Pantai Mbah Drajid Disulap Jadi Destinasi Wisata Tematik