Menggebrak Era Cloud: Inovasi Jaringan Pusat Data dengan Nokia SR Linux"

Eva Soley Gudbjornsdottir, CFO and Depuy CEO Nokia
Sumber :
  • Nokia.Com

Jakarta, WISATA - Di era digital yang semakin maju, permintaan akan layanan berbasis cloud terus meningkat. Perusahaan teknologi dan penyedia layanan cloud berlomba-lomba untuk menyediakan infrastruktur yang tidak hanya dapat diandalkan, tetapi juga skalabel dan aman. Salah satu pemain utama dalam inovasi jaringan pusat data adalah Nokia dengan solusi webscale networking yang menggunakan teknologi IP routing dan jaringan optik tercanggih. Dengan solusi ini, perusahaan dapat membangun infrastruktur cloud yang dinamis dan otomatis, yang mendukung gelombang layanan cloud generasi berikutnya.

Membangun Infrastruktur Cloud yang Tangguh dengan Solusi Webscale Networking Nokia

Namun, apa sebenarnya webscale networking itu, dan mengapa menjadi penting di era cloud ini?

Apa Itu Webscale Networking?

Revolusi Digital di Telekomunikasi: Hyperscalers dan Masa Depan Konektivitas Global

Webscale networking adalah konsep yang dirancang untuk mendukung perusahaan yang bergantung pada pusat data dan infrastruktur jaringan cloud untuk menyediakan layanan cloud kepada pelanggannya. Dengan webscale networking, perusahaan dapat membangun infrastruktur cloud yang tidak hanya menghubungkan pelanggan dengan layanan cloud yang diinginkan kapan saja dan di mana saja, tetapi juga secara dinamis mengakomodasi permintaan yang terus berkembang. Layanan-layanan ini dapat dijalankan di pusat data milik sendiri, pihak ketiga, baik di lokasi (on-premises) maupun di luar lokasi (off-premises), di tepi jaringan (edge) maupun inti (core), serta di cloud publik, privat, atau hibrida.

Solusi webscale networking yang ditawarkan Nokia ditujukan untuk perusahaan webscale dan penyedia layanan cloud yang perlu meningkatkan infrastruktur mereka secara besar-besaran untuk mendukung generasi layanan cloud berikutnya. Ini termasuk operator jaringan netral, penyedia internet exchange, operator pusat data, penyedia colocation, dan penyedia layanan hosting.

Peran Hyperscalers dan Big Tech dalam Transformasi Jaringan Telekomunikasi di Tahun 2024

Inovasi dengan Nokia SR Linux

Nokia SR Linux adalah sistem operasi jaringan yang dirancang khusus untuk mendukung infrastruktur pusat data di era webscale networking. Keunggulan utama SR Linux terletak pada kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi lalu lintas yang tidak terduga, seperti lonjakan lalu lintas, sambil tetap menjaga kualitas dan keandalan layanan yang berjalan. Selain itu, SR Linux dirancang untuk meningkatkan otomatisasi, dengan menambahkan alat yang memungkinkan visibilitas jaringan yang lebih baik serta guardrails yang memungkinkan otomatisasi dapat dieksekusi dalam skala besar.

Halaman Selanjutnya
img_title