GUNUNGKIDUL: Event Gunungkidul Tourism Fest 2024 untuk Peringati Hari Pariwisata Dunia

Gunungkidul Tourism Fest 2024
Sumber :
  • gunungkidulkab.go.id

Gunungkidul, WISATA – Memperingati Hari Pariwisata Dunia, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar acara Gunungkidul Tourism Fest 2024.

Acara yang digelar di Desa Wisata Bendung, Semin ini, merupakan bagian dari program Dana Keistimewaan DIY melalui urusan Kebudayaan 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Oneng Windu Wardana mengatakan, Gunungkidul Tourism Fest 2024 dirancang sebagai upaya untuk menyemarakkan Hari Pariwisata Dunia, sekaligus mendukung pengembangan desa wisata.

“Tema tahun ini adalah Wellness Tourism, acara ini bertujuan memperkenalkan potensi wisata di Desa Wisata Bendung, Semin, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta menyosialisasikan kesadaran akan kebugaran dan kesehatan melalui wisata kebugaran,” ungkapnya Sabtu, (21/9/2024).

Windu mengatakan, Gunungkidul Tourism Fest 2024 juga memiliki tujuan meningkatkan aspek ekonomi masyarakat di desa wisata melalui berbagai rangkaian acara yang menarik.

Beberapa kegiatan yang akan diselenggarakan, antara lain Lomba Media Sosial Desa Wisata, Arak-arakan Gunungan, Jathilan, Workshop Potensi Desa Wisata, Kesenian Lokal, serta Konser Musik Keroncong.

“Selain itu, harapan kita, melalui acara ini menjadi ajang promosi destinasi wisata di sisi utara Kabupaten Gunungkidul,” ungkap Windu.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memberikan apresiasi terhadap acara ini.

Menurutnya, Gunungkidul Tourism Fest 2024 menjadi ajang yang sangat baik untuk mendukung pembinaan dan pengembangan desa wisata di wilayah Gunungkidul, khususnya di sektor Utara yang kini mulai menunjukkan perkembangan signifikan.

“Gunungkidul Tourism Fest 2024 diharapkan mampu menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan di desa wisata,” katanya.

(Sumber: gunungkidulkab.go.id)

GUNUNGKIDUL: Gelar "Gowes To Hrtitage" ke-5, Berharap Bakal Jadi Agenda Wisata Sejarah