Indonesia, Australia dan Amerika Berjibaku Atasi Bencana Alam Kawasan Indo-Pasifik

Latihan bersama 3 negara
Sumber :
  • tniad.mil.id

Darwin-Australia, WISATA – Latihan Gabungan Bersama Terpadu (Latgabmapad) Bhakti Kanyini AusIndo 2024 (Ex BKA 24) secara resmi dibuka oleh Mrs. Marc Monagan dari Legislative Assembly di The Parliament House, Darwin, Australia, Senin, (12/8/2024). Latihan bersama ini pun dimulai dengan melibatkan kolaborasi tiga negara Asia Pasifik, yaitu Indonesia, Australia, dan Amerika Serikat.

HOTELPEDIA: September Ceria di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada, Nyaman untuk Bersantai

Latihan bersama ini ditujukan untuk meningkatkan kesiapan dalam penanggulangan bencana internasional, serta bertujuan untuk memperkuat interoperabilitas dan respons kolektif dalam menghadapi bencana alam di kawasan Indo-Pasifik.

Dalam sambutan pembukaannya, Mrs. Marc Monagan menyampaikan rasa bangganya, karena latihan ini dapat terlaksana dengan baik. Ia juga berharap latihan ini dapat meningkatkan kemampuan penanggulangan bencana di negara-negara yang terlibat di dalamnya.

Sumatera Dorong Pertumbuhan Ekonomi Hijau: Pilar Utama Menuju Pembangunan Berkelanjutan 2024

Sedangkan, Kolonel Mitchell Livingstone, Komandan Markas Besar Komando Utara (NORCOM ADF) menyatakan, latihan gabungan seperti Latihan Bhakti Kanyini AusIndo 2024 ini berperan penting dalam memberikan respons yang efektif terhadap bencana alam yang terjadi.

“Latihan ini dirancang untuk meningkatkan interoperabilitas antara tiga negara dan didasarkan pada skenario bencana alam fiktif yang terjadi di Wilayah Utara. Melalui berbagai skenario yang telah disiapkan, kami akan menguji dan mengasah keterampilan serta respons dari ketiga negara peserta latihan,” ungkapnya.

Pertumbuhan Ekonomi Sumatera 2024 Capai 4,5%, Pendorong Ekonomi Nasional di Tengah Tantangan Global

Latihan Bhakti Kanyini AusIndo 2024 didesain untuk menguji berbagai aspek tanggap bencana. Mulai dari kesiagaan penyediaan bantuan medis, pemulihan pasokan air, hingga operasi pembersihan jalan di wilayah yang terdampak bencana.

Latihan yang berlangsung selama 14 hari ini tidak hanya melibatkan personel militer dari TNI, ADF (Australia Defense Force), MRF-D (Marines Rotational Force-Darwin), tetapi juga bekerja sama dengan berbagai kementerian/badan pemerintah lainnya, termasuk The Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT), United States Agency for International Development (USAID), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Indonesia. Adapun konsep latihan yang dilaksanakan, yaitu Table Top Exercise (TTX) di Robertson Barrack, Darwin dan Field Training Exercise (FTX) di Kepulauan Tiwi, sebelah utara Darwin.

Halaman Selanjutnya
img_title