DESA WISATA: Desa Bangowan Blora Raih Penghargaan ADWI 2024 Kemenparekraf RI

Desa Wisata Bangowan Tembus 100 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia
Sumber :
  • infopublik.id

Blora, WISATA Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Iwan Setiyarso menyatakan, Desa Wisata Bangowan berhasil menembus 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Pengumuman 100 besar ADWI 2024, disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, pada hari Jumat (24/5/2024).

"Pencapaian ini patut disyukuri karena persaingan tahun ini semakin ketat dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi tahun ini ada 6.016 desa wisata yang terdaftar ikut serta,” kata Iwan Setiyarso, Sabtu (25/5/2024).

Desa Wisata Bangowan terletak di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Dari 100 Desa Wisata di Indonesia, tujuh desa wisata terbaik berasal dari Jawa Tengah, yaitu Desa Wisata Karangsambung di Kabupaten Kebumen, Desa Wisata Pesona Gunung Prau di Kabupaten Wonosobo, Desa Wisata Wanurejo di Kabupaten Magelang, Desa Wisata Kebondalem Kidul di Kabupaten Klaten.

Kemudian Desa Wisata Bangowan di Kabupaten Blora, Desa Wisata Sendangsari di Kabupaten Rembang, dan Desa Wisata Muncar Moncer di Kabupaten Temanggung.

Iwan Setiyarso menambahkan, pencapaian luar biasa ini patut dibanggakan, sekaligus bisa menjadi penyemangat desa wisata lain di Kabupaten Blora untuk berbenah dan meningkatkan diri.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Blora, Yeti Romdonah menambahkan, meskipun menembus penghargaan 100 besar ADWI 2024, pihaknya berharap bisa masuk nominasi 50 terbaik se-Indonesia.

“Mohon doanya semoga masuk 50 terbaik,” harapnya.

Salah satu Pengelola Desa Wisata Bangowan, Hanif Massadini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan.

“Terimakasih atas doa dan dukungan semua pihak, khususnya warga Desa Bangowan serta semangat dan upaya rekan-rekan Pokdarwis,” tuturnya.

Ia berharap, ke depannya akan menjadi lebih baik dalam menggeliatkan pariwisata di Desa Bangowan dan Kabupaten Blora.

(Sumber: infopublik.id)


DEMAK: Tak Sekadar Tradisi, Abon Abon Makmurkan Masyarakat dan Tingkatkan Pariwisata