Mendaki Gunung Kembang: Pengalaman Mendebarkan di Tengah Kebersihan Terjaga

Penampakan Indah tenda Para Pendaki
Sumber :
  • viva.co.id

Wonosobo, WISATAMendaki gunung bukan hanya sekadar petualangan fisik semata, tetapi juga perjalanan spiritual dan pengalaman mendalam dengan alam. Salah satu gunung yang menawarkan pengalaman mendaki yang berbeda adalah Gunung Kembang via Blembem, di Wonosobo, Jawa Tengah. Dikenal sebagai gunung terbersih di Indonesia, Gunung Kembang menjanjikan pengalaman mendaki yang nyaman dan indah.

Prakiraan Cuaca Kota Surakarta Jawa Tengah, Tanggal 16 Mei 2024: Cuaca Cerah Berawan Sepanjang Hari

Mendaki gunung merupakan salah satu bentuk travel yang semakin diminati, terutama bagi mereka yang menyukai tantangan dan keindahan alam. Dengan mendaki gunung, kita tidak hanya bisa menikmati udara segar, tetapi juga pemandangan alam yang memukau. Gunung Kembang via Blembem menawarkan paket lengkap ini kepada para pendaki.

Gunung Kembang memiliki ketinggian 2340 Mdpl, dan menjadi salah satu destinasi mendaki yang populer di Indonesia. Berbagai keunikan dan keindahan alam bisa dinikmati saat mendaki Gunung Kembang. Namun, yang membuat Gunung Kembang begitu istimewa adalah kebersihannya yang terjaga dengan baik.

Prakiraan Cuaca Kota Semarang Jawa Tengah, Tanggal 16 Mei 2024: Cuaca Cerah Berawan Sebagian Hari

Sebagai gunung terbersih di Indonesia, Gunung Kembang menarik minat para pendaki yang peduli terhadap lingkungan. Pengelola Gunung Kembang via Blembem telah menerapkan berbagai langkah untuk menjaga kebersihan gunung, mulai dari sistem preventif hingga pendekatan personal.

Selain menikmati kebersihan Gunung Kembang, para pendaki juga diajarkan untuk tidak meninggalkan sampah di gunung. Bahkan, setiap pendaki yang membawa kemasan makanan atau minuman sachet akan dicek di basecamp ketika turun. Jika ada sobekan plastik yang tertinggal, pendaki akan dikenakan denda.

Prakiraan Cuaca Kota Surakarta Jawa Tengah dan Sekitarnya, 14 Mei 2024

Komitmen para pengelola Gunung Kembang untuk menjaga kebersihan lingkungan telah membuahkan hasil yang memuaskan. Mereka bahkan mendapatkan penghargaan Padmamitra Award sebagai pengelola yang peduli terhadap lingkungan. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan keberhasilan mereka dalam menjaga kebersihan Gunung Kembang.

Pendakian Gunung Kembang via Blembem memang tidaklah mudah, karena jalur pendakiannya terus menanjak dan minim bonus. Namun, rasa lelah itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang disajikan Gunung Kembang. Dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Sumbing yang begitu megah, perjalanan mendaki Gunung Kembang menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Halaman Selanjutnya
img_title