Daya Tarik Danau Tempe Sulawesi Selatan, Promosi Wisata Daerah Melalui Festival

Danau Tempe dan Rumah Apung
Sumber :
  • instagram danau.tempe

Wajo, WISATA - Danau Tempe adalah danau tektonik yang terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya membentang di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), dan Kabupaten Soppeng. Jika ditempuh dari Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, maka perjalanan ke Danau Tempe akan memakan waktu sekitar enam jam. 

Mengenal Tradisi Maccera Tappareng di Danau Tempe, Mengusung Budaya Menjadi Daya Tarik Wisata

Danau Tempe disebut danau tektonik karena proses terbentuknya disebabkan adanya pergeseran atau pergerakan patahan/lempeng (tektonisme). Pergeseran lempeng bumi tersebut akan menyebabkan rekahan-rekahan dan membentuk cekungan. Cekungan inilah yang lama kelamaan terisi air dan membentuk danau. Danau Tempe dianggap danau purba karena terbentuknya danau ini bersamaan dengan terbentuknya daratan Sulawesi yang berada di atas lempeng benua Australia dan Asia.

Danau Tempe merupakan danau banjiran yang luasnya berubah-ubah sesuai musim. Pada saat musim penghujan, danau menjadi luas mencapai 26 ribu hektare bahkan dapat mencapai 47 ribu hektare jika hujan turun terus menerus. Pada musim kemarau air danau menyusut dan beberapa wilayah membentuk daratan. Pada musim kemarau ini Danau Tempe terbagi menjadi tiga danau yaitu Danau Tempe, Danau Sidenreng dan Danau Taparang Lapompaka (Danau Buaya).

Pantai Losari, Ikon Kota Makassar yang Terus Berkembang

Sebagai danau yang juga menjadi tempat wisata, Danau Tempe sering dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang datang berkunjung memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang datang untuk memancing karena Danau Tempe merupakan tempat hidup ikan air tawar yang melimpah. Ada pula yang datang hanya untuk healing, menikmati pemandangan di Danau Tempe. Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dapat menyewa perahu dan berkeliling danau.

Selain panorama hutan di sekitar danau, wisatawan dapat melihat aneka burung yang tinggal di sekitar Danau Tempe, serta aktivitas masyarakat di sekitar danau. Terdapat pula rumah terapung yang menyajikan aneka makanan dari makanan ringan seperti pisang goreng maupun makanan berat seperti nasi dan lauk ikan tawar tentunya.

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Ribuan Benih Ikan Ditebar di Danau Tempe

Makan di rumah apung, Danau Tempe

Photo :
  • instagram danau.tempe

Keindahan alam di Danau Tempe semakin terasa magis, saat senja menjelang. Matahari terbenam memberikan panorama yang menakjubkan yang akan membuat kunjungan Anda ke Danau Tempe semakin memorable. Selain matahari terbenam, pemandangan saat matahari terbit pun tak kalah menarik.

Halaman Selanjutnya
img_title